Sayuran Organik Tinggi Antioksidan

Sayuran organik yang tinggi antioksidan sangat sering dicari orang karena sangat bagus untuk tubuh. Banyak sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa dijadikan sayuran konsumsi sehari. Antioksidan bermanfaat buat kesehatan sebagai zat pencegah timbulnya kanker. 

Sayuran organik apa saja yang tinggi antioksidan? pada artikel berikut daftar sayuran orgnaik tinggi antioksidan sehingga dapat menjadi pilihan Anda konsumsi sehari-hari. Sebelumnya telah dijelaskan tentang manfaat sayuran organik untuk kesehatan tubuhmanfaat sayuran organik untuk kesehatan tubuh

sayuran organik tinggi antioksidan



Sayuran Organik Tinggi Antioksidan dapat bermanfaat untuk kesehatan antara lain sebagai zat anti kanker serta menambah imun tubuh, menangkal radikal bebas, dll. Selain itu sayuran organik tinggi antioksidan mengandung zat-zat antara lain betakaroten, Antosianin, Likopen, Lutein, zheaxanthin.

Apa kontribusi zat-zat antioksidan ini untuk tubuh? Dan sayuran organik apa saja yang mengandung zat-zat antioksidan tersebut? Simaknterus artikel berikut sampai selesai ya!

Zat-zat Antioksidan

Betakaroten


Zat betakaroten atau dikenal dengan B-karoten adalah pigmen berwarna merah-jingga yang terdapat pada sayuran. Secara kimiawi betakaroten merupakan senyawa kimia yang terdiri dari unsur  hidrokarbon dan secara spesifik diklasifikasikan sebagai terpenoid (isoprenoid). Banyak terdapat pada labu kuning, wortel, tomat. 

Antosianin


Antosianin berasal dari bahas ayunani yang artinya bunga biru, Antosianin merupakan senyawa yang banyak terdapat pada sayuran hijau. Antosianin bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Antosianin berasal dari keluarga flavonoid yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Antosianin bekerja untuk menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh. Antosinin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan yang dibutuhkan dalam menghambat perkembangan sel tumor.

Likopen


Zat Likopen merupakan senyawa kimia yang tergolong karoten namun berbeda dengan vitamin A yang biasanya muncul pada sayuran berwarna cerah, Likopen bermanfaat untuk tubuh dan banyak terkandung pada sayuran seperti asparagus, peterseli. 

Lalu sayuran apa saja yang mengandung banyak antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menangkal pertumbuhan sel kanker dalam tubuh? 

Sayuran Organik Tinggi Antioksidan


Banyak sekali sayuran organik yang mengandung antioksidan tinggi. Ada yang berwarna hijau, orange, merah, ungu maupun dari golongan kacang-kacangan. Kandungan antioksidan ini sangat baik untuk tubuh kita jika dikonsumsi dan diolah secar benar.

Bayam merah


Bayam merah adalah salah satu sayuran organik dengan antioksidan tinggi. Bayam merah dapat dilalap bersama sambal dan ditumis. Bayam merah akan menjadi favorit di kalangan para pencinta hidup sehat karena tau akan manfaatnya bagi tubuh.

Tomat


Tomat merupakan tanaman sayuran buah yang banyak sekali mengandung betakaroten. Tomat sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram tomat terkandung 20 gr kalori, protein 1 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 4,2 gr, kalsium 5 mg, karoten (vitamin A)1500 SI, thiamin (vitamin B) 60 mikrogram, asam askorbat (vitamin C) 40 miligram, fosfor, dll. 

Karena mengandung karoten yang cukup tinggi tomat menjadi sayuran organik terjangkau yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Selain harganya terjangkau tomat dipercaya juga sebagai olahan makanan sehat yang enak baik dimakan langsung, dijadikan jus, atau dibuat saus serta campuran bumbu masakan.

Brokoli


Kandungan brokoli terdapat berapa zat yang penting untuk kesehatan tubuh seperti vitaminnya A, vitamin C, folat, vitamin E, kalium, magnesium, fosfor, zing serta zat besi. Brokoli sangat bermanfaat untuk tubuh serta kesehatan anak yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan tulang dan otak.



Brokoli mengandung zat sulforephane yang bersifat antioksidan, sebagai penangkal radikal bebas. Brokoli mengandung karotenoid yang dapat mencegah timbulnya kanker yaitu terdapat luthein dan zeaxanthin.

sayuran antioksidan


Kacang Merah


Meskipun termasuk golongan kacang kacangan kacang merah termasuk jenis sayuran organik yang banyak sekali manfaat bagi tubuh. Kacang merah dapat diolah menjadi sayuran lezat, selain atau aneka panganan yang enak. 

Kandungan nutrisi pada kacang merah antara lain protein, karbohidrat, gula, serat, lemak. Dalam 100 gr kacang merah terdapat 1,17-9, 23 mg flovanoid yang merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker pada sel tubuh.

Selada


Selada termasuk sayuran hijau organik yang bermanfaat untuk tubuh. Selada penting sekali dikonsumsi harian karena banyak kandungan zat antikanker yang terdapat di sayuran selada.

Kandungan selada antara lain vitamin C, magnesium, folat, kalium. Pada selada merah terdapat pigmen Antosianin sebagai antioksidan bagi tubuh. 

Kol/kubis


Kol atau kubis ada dua jenis, pada kubis merah banyak terkandung zat antioksidan yakni vitamin A, zat besi, vitamin B6, folat. Kandungan Antosianin cukup banyak di dalam kubis sehingga kubis sangat baik untuk kesehatan.

Terong


Meskipun termasuk sayuran yang merakyat terong banyak mengandung zat Nutrisi penting dalam tubuh. Terong mengandung zat antioksidan seperti fenol, flovanoid, polifenol, Antosianin, yang cukup banyak terkandung di dalamnya. Zat-zat ini seperti yang telah dijelaskan mengandung antioksidan sebagai penangkal kangker.

Jagung


Selain sumber karbohidrat jagung mengandung banyak sekali zeaxanthin dan Lutein sebagai zat penangkal kanker. Jagung dikenal banyak sekali kandungan antioksidan sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang ingin hidup sehat. Selain sebagai sumber karbohidrat jagung dipercaya menjadi nutrisi alami yang dibutuhkan oleh para survivor kanker.

Paprika 

Paprika banyak mengandung vitamin C, karotenoid, vitamin E. Paprika juga dipercaya dapat dikonsumsi untuk para penyuka hidup sehat karena banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung di dalamnya.

Nah, sayuran mana favoritmu? Apakah ada diantara sayuran antioksidan di atas menjadi favorit Anda? Yuk, hidup sehat bersama olahan sayuran organikolahan sayuran organik agar tambah semangat kita hidup bersama sayuran organik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayuran Organik Tinggi Antioksidan"

Posting Komentar