Olahan Sayur Organik Sehat

Pencinta sayur organik mesti kreatif dalam mengolah menu agar manfaat dari sayur organik dapat terserap dengan baik dalam tubuh. Kesalahan mengolah bahan sayur organik akan menyebabkan nutrisi terbuang sia-sia. Mengolah sayur organik menjadi menu masakan yang sehat diawali dengan paham cara membeli sayuran organik terlebih dahulu.

Yuk, sharing tentang pengolahan sayur organik demi kesehatan yang menjanjikan di masa mendatang.

7 Olahan Sayur Organik Sehat

Olahan sayur organik


Salad Sayur


Pencinta salad pasti bahagia kalau ada sayuran organik, salad yang berasal dari sayuran mentah biasanya akan lebih aman menggunakan bahan organik. Salad banyak jenisnya ada salad buah, salad sayur yang biasa disantap sebagai dessert atau makanan penutup.

Bahan-bahan 

Selada
Wortel 
Timun
Anggur
Bawang Bombay
Keju
Jagung manis
Mayonaise pilih yang untuk salad sayuran
Minyak zaitun
Oregano
Garam secukupnya

Cara Membuat

Potong potong selada sesuai selera, jangan terlalu halus potongannya. Kupas wortel lalu cuci bersih potong memanjang kecil-kecil bisa menggunakan serutan wortel untuk potongan lebih halus. Timun buang kulit dan bijinya. Pilih timun yang masih muda jika tidak mau dibuang bijinya. 

Anggur di potong 2. Jagung manis di rebus lalu di pipil. Bawang Bombay di potong memanjang lalu pisahkan tiap lapisannya. Serut keju untuk taburan. 

Susun sayuran sesuai selera lalu bubuhkan mayonaise di atasnya, beri topping keju parut.

Salad Buah


Salad buah berbahan dasar buah-buahan yang diberi topping saus salad. Salad buah biasanya disajikan sebagai dessert atau penutup saat makan.

Bahan-bahan

Melon
Pepaya
Anggur
Apel
Mayonaise (khusus salad buah)
Susu evaporasi
Susu kental manis

Cara Membuat

Kupas dan potong-potong melon, pepaya, apel bentuk dadu, lalu simpan ke dalam lemari es. Untuk membuat saus di wadah lain campurkan mayonaise, susu evaporasi, susu kental manis.

Susun buah di dalam wadah susuai selera lalu tutup dengan campuran saus. Bisa juga taburkan keju sesuai selera. 

Salad Kentang Tauge 

Salad kentang tauge favorit para vegetarian. Sumber karbohidrat dari kentang, vitamin dan mineral dari sayuran kol dan timun.

Bahan-bahan 

Tauge 1 cup
Selada
Kentang 1/2 kg
Kol 1/2 
Tahu 
Timun

Saus
Kacang tanah sangrai 
Bawang putih
Bawang merah
Ebi
Cabai 2

Cara Membuat

Rebus kentang hingga matang, buang air dan kipas kulit kentang. Potong kentang sesuai selera bisa dipotong tipis. Iris tipis kol. Goreng tahu hingga kekuningan lalu potong dadu. Cuci bersih tauge buang akarnya. Iris tipis timun boleh dibuang kulitnya jika sudah keras.

Membuat Saus

Goreng semua bumbu bawang merah, bawang putih, cabai lalu blender halus. Tambahkan kacang tanah yang telah ditumbuk halus, masukkan air jeruk nipis, gula Jawa, garam lalu koreksi rasa. 

Penyajian

Susun sayuran kol, tauge, kentang dan timun lalu siram saus diatasnya taburkan bawang goreng. Siap dihidangkan.

Karedok 


Karedok adalah jenis salad sayuran yang berasal dari Indonesia dan populer di kalangan masyarakat suku Sunda. Karedok banyak dijajajakn dinpasar, jalanan atau di abang-abangan keliling.

Bahan

Kacang panjang
Tauge
Mie
Tahu

Saus

Kacang tanah sangrai 
Bawang putih
Bawang merah
Ebi
Cabai 2
Gula jawa

Cara Membuat

Potong kacang panjang kecil-kecil, cuci tauge, rebus mie bihun, goreng tahu lalu potong dadu. Untuk membuat saus giling cabai rawit, gula merah, bawang putih garam, lalu campurkan sayuran yang telah di potong potong.

Salad Sayuran Seafood

sayuran organik


Resep ini terinspirasi dari menu sehat untuk para pencinta sayuran organik. Salad sayuran seafood dapat dipilih untuk hidup sehat dan mengindari konsumsi makanan instan. 

Bahan-bahan

Selada
Kubis ungu
Timun
Wortel
Udang
Paprika
Daging asap
Kerang hijau

Saus
Bawang putih bubuk
Kecap
Saus barbeque 
Merica 
garam

Cara membuat

Selada di potong-potong sesuai selera, kubis ungu di rajang halus, timun di potong-potong, wortel di kupas dan potong-potong dadu. Udang di rebus lalu buang kulitnya, bakar sebentar menggunakan minyak zaitun agar wanginya keluar.

Untuk membuat saus campurkan saus barbeque, merica, garam, kecap dan bawang putih, koreksi rasa.

Susun sayuran, daging asap, ke dalam wadah besar lalu masukkan saus yang sudah dicampurkan tadi ke atas susunan sayuran. 

Salad Bayam Ayam

Sayur organik


Salad ayam bawang dapat menjadi resep alternatif agar Anggota keluarga di rumah mendapatkan nutrisi sehat bergizi.

Bahan-bahan

Dada Ayam
Selada
Bayam 
Tauge
Wortel
Timun
Tomat

Saus
Saus barbeque 
Minyak zaitun
Kecap manis
Garam
Merica

Cara membuat

Marinasi dada ayam dengan bawang putih, garam, kecap asin, merica selama 30 menit. Simpan ke dalam lemari pendingin. Panggang dada ayam sampai matang lalu iris-iris tips.

Rebus bayam di air mendidih sebentar hingga daun layu, tumis wortel bumbui dengan bawang putih, Iris tipis timun, potong memanjang, potong tomat menjadi 4 bagian.
Susun sayuran ke dalam mangkok, lalu potongan ayam diatasnya. Letakkan saus di atas susunan salad. Salad siap disajikan bersama makanan lainnya.

Nah, inilah olahan sayur organik yang dapat Anda coba di rumah. Sayuran organik ada yang bisa langsung dimakan adanpula yang mesti melalui tahapan memasak agar nutrisi yang dikandungnya dapat terserap sempurna oleh tubuh. Proses pemasakan dilakukan sebentar untuk menghindari kehilangan nutrisi penting untuk tubuh. Perlu diingat bahwa salad bukanlah makanan yang tahan lama jika dibiarkan di suhu ruang, oleh karena itu kita bisa menyajikan salad pada saat ingin menyantap segera.

Nah, sebenarnya banyak sekali resep yang dapat Anda buat dari sayuran organik. Yang paling penting adalah ketika kita memutuskan untuk ikhtiar sehat dengan sayur organik maka mesti perlahan dapat membedakan antara sayur organik dan anorganik agar kita salah pilih. Jika di daerahku kesulitan memperoleh sayuran organik cobalah untuk membelinya secara online di pasar online sayur organik di kota-kota terdekat. Salam sehat selalu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahan Sayur Organik Sehat"

Posting Komentar