101 Tanaman Hias Viral yang Mudah di Rawat

Musim tanaman kembali tiba. Berbagai jenis tanaman hias viral di media sosial bahkan menembus harga yang cukup fantastis. Kali ini jenis aglonema kembali menjadi juara tanaman hias. Bahkan tanaman hias saat ini telah merajai pemasan online. Banyak pengusaha muda milenial yang mulai melirik berbisinis tamanan hias. Keberhasilan para marketing yang terdiri dari para ahli IT milenial memasarkan tanaman hias memiliki andil penting sehingga tanaman hias dapat dengan mudah di pelajari cara perkembangbiakannya. 

101 Tanaman Hias Viral yang Mudah di Rawat

Tanaman Hias viral jenis Aglonema

1. Siam Aurora

Jenis Aglonema Siam Aurora  yang diburu pencinta tanaman hias ini berwarna hijau campuran merah. Anakan akan tumbuh di beberapa tempat di sekitar akar tanaman sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama satu pot akan penuh sesak dengan anakan. Untuk memperbesar aglonema cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuang sebagian anakan agar tumbuhan indukan tetap konsentrasi membesar.

Ciri khas yang terlihat Siam Aurora adalah memiliki 2-7 anakan, pemeliharaan cukup mudah, tahan terhadap hama.



2. Aglonema Diana


Jenis Aglonema ini memiliki ciri khas batang berwarna hijau dan pink  daun didominasi hijau dan berbintik merah muda. Memiliki anakan 1-2 anakan serta cukup mudah hidup di dataran rendah. Di dataran tinggi daun akan mengecil serta daun berwarna hijau lebih dominan.


3. Green Legacy


Aglonema green legacy ini memiliki ciri khas batang berwarna putih dengan daun dominasi hijau bercorak putih pada daun bagian dalam di sekitar ruas tulang daun warna putih akan semakin jelas. Bagian pinggir didominasi warna hijau polos 


4. Janda bolong (Aglonema Adensia)


Jenis Aglonema ini semakin di buru oleh pencinta tanaman hias. Janda bolong memiliki ciri khas menjalar pada ruas tangkai daun dapat menjadi tunas baru. Bagian daun memiliki bolong teratur berjumlah 4 - 5 bolong. Perkembangbiakan cukup mudah kita bisa mencacah bagian ruas batang dari atas tangkai daun akan muncul tunas yang akan menjadi tanaman baru.

5. Tiara


Aglonema Yang merupakan persilangan jenis Tiara dan green legacy yang menghasilkan varian baru dengan corak di seluruh daun. jenis ini memiliki batang berwarna hijau serta daun dominasi hijau dan corak pink merata di seluruh daun. Perkembangbiakan cukup mudah hanya dengan anakan yang muncul di sekitar akar.

6. Dynamic ruby


Aglonema jenis ini memiliki daun lebar bercorak pink dan memiliki batang yang berwarna hijau. Corak terlihat di seluruh permukaan daun berwarna pink. Dalam satu pot terdapat 5-6 anakan terlihat mirip dengan Adelia 

7. Red lipstick



Aglonema yang seluruh daun berwarna merah ini sangat di buru oleh pencinta tanaman. Seluruh daun dan batang berwarna merah mengkilap. Pada bagian pinggir daun masih ditemukan warna hijau yang membingkai daun meski hanya sedikit dan hampir tidak ada.

8. Lady Valentine


Aglonema jenis ini memiliki warna pink di sebagian besar daun sekilas mirip aglonema Venus dengan bentuk daun yang identik. Namun warna pink yang membedakan dengan aglonema jenis Venus. Bingkai daun berwarna hijau dengan tulang daun yang juga berwarna hijau. Bagian batang berwarna hijau tua hingga ke pangkal. Perkembangbiakan cukup mudah karena memiliki anakan sekitar 3-5 dalam setiap pot.

9. Moonlight

Jenis Aglonema Moonlight ini memiliki bentuk daun lonjong simetris, tulang daun berwarna merah. Masih terdapat warna kehijauan meskipun samar di bagian pinggir daun. Sedangkan tangkai berwarna merah muda. Pertumbuhan daun cukup padat di ruas utama sehingga anakan sedikit muncul karena Moonlight terkonsentrasi di bagian batang utama.

10. Caladium pink
Tanaman hias caladium ini populer belakangan ini dan banyak di cari oleh penggar tanaman hias. Memiliki cirikhas warna daun yang unik Caladium memiliki habitat di tempat yang lembab sebenarnya mudah dikembangbiakkan. Anakan dari tanaman indukan cukup banyak jika mendapatkan media tanam yang tepat.

11. Red Caladium 
Caladium ini memiliki gradasi pada bagian daun. Hasil persilangan yang cukup unik masih menyisakan sifat dari indukan pada sebagian daunnya. 

12. Aloecasia dragon scale
Tanaman hias berikutnya jenis Aloecasia dragon scale  yang memiliki keunikan pada bentuk daun yang berbeda dengan sebagian besar jenis Caladium lainnya. Bentuk daun lonjong tidak berbentuk hati seperti Caladium lainnya. 

13. Kuping gajah 
Jenis kuping gajar yang satu ini masih populer di kalangan pencinta tanaman hias. Kuping gajah termasuk generasi awal Caladium yang memiliki ciri khas berdaun tebal dengan tulang daun berwarna putih. Pada bagian daun terdapat lapisan lilin yang melindungi daun sehingga terlihat kokoh 

14. Pegagan
Memiliki daun yang berduri halus tanaman hias ini memiliki keunikan yaitu bentuk daun yang menjari serta bagian batang berwarna merah diselimuti bulu bulu halus. Perkembangbiakannya cukup mudah karena memiliki anakan yang cukup banyak.

14. Asplenium
Jenis paku tanduk rusa asplenium ini cukup mudah perkembangbiakannya. Anakan yang banyak di bagian akar dan memiliki keunikan pada ujung daun yang bercabang.

14. Kaktus mini

Jenis kaktus pun masih banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Kaktus mini dengan warna warni cerah menjadi daya tarik tersendiri di kalangan penggemar tanaman hias.

15. Puding pink
Selanjutnya jenis puding ini merupakan tanaman hias yang memiliki warna daun yang cantik. Perpaduan pink dan hijau di sekeliling daun menjadi sangat cantik dipadu pula dengan bagian batang yang juga berwarna senada.

16. Anthurium krisboom


Anthurium telah melewati masa kejayaan pada masanya. Namun tanaman ini tidak kehilangan keanggunannya, masih diburu oleh para pencinta tanaman. Hal ini karena anthurium tidak membutuhkan perawatan yang sulit untuk dapat tumbuh.

17. Bintang kejora

Jenis tanaman hias Bintang Kejora memiliki pesona yang tak kalah menarik bagian daun yang simetris sangat menarik terlihat.

18. Red big bird


Jenis Anthurium red big bird memiliki ciri khas daun lebar dan simetris. Anakan didapat dari biji, tanaman ini tahan lama hingga bertahun tahun cocok untuk menghias teras rumah 

19. Jenmani

Jenis Anthurium Jenmani memiliki anakan yang dan daun yang cukup lebat dalam satu pot bisa tumbuh anakan 2-5 anakan. Perawatan cukup mudah dengan media tanam sekam bakar dan pupuk kandang.

20. Anthurium brokoli

Jenis Anthurium brokoli memiliki keunikan daun lebat, lebar dan keriting. Bentuknya melebar menyerupai brokoli ini punya daya tarik diantara tanaman hias lainnya.

21. Puring

Tanaman jenis puring ini memiliki keunikan setelah berhasil disilangkan. Jika dahulu puring identik dengan daun yang panjang sekarang sudah memiliki varietas yang banyak.

22. Caladium

Red Caladium saat ini semakin digemari di kalangan pecinta tanaman. Memiliki daun lebar berwarna merah sangat cantik terlihat. Perkembangbiakan sangat mudah cukup dengan media tanam sekam bakar dan pupuk kandang.

23. Sansiviera 

Jenis Sansiviera cukup sering dijumpai di perkantoran atau rumah. Tanaman ini dipercaya dapat menyerap racun yang ada di sekitar nya sehingga sangat cocok untuk tanaman hias di dalam ruangan.

24. Red cochine

Aglonema Red cochine sangat cantik terlihat, daun didominasi warna merah mengkilap akan semakin cantik diterpa sinar matahari. 

25. Hot lady

Jenis Hot lady cukup mudah dikembangbiakkan karena memiliki anakan yang cukup banyak dalam setiap pot. Terdapat 5-7 anakan tahan di segala cuaca. Di dataran tinggi, daun hot lady akan berwarna hijau mendominasi.

26. Lady Valentine

Lady Valentine memiliki ciri khas dominasi daun berwarna pink dengan batang berwarna kehijauan. Tulang daun masih memiliki warna hijau di sebagian besarnya. Terdapat 2-5 anakan dalam setiap pot.

27. Legacy

Aglonema legacy memiliki ciri khas daun lancip dengan tulang daun berwarna pink. Bagian batang berwarna putih kemerahan sedangkan sebagian besar daun memiliki campuran warna hijau, pink dan kuning jingga. Dalam satu pot terdapat 2-8 anakan, di dataran tinggi daun akan mengecil.

28. Madame Suroyo

Aglonema Madame Suroyo memiliki warna daun dominasi hijau dengan corak pink. Bagian tulang daun berwarna pink hingga bagian batang. Anakan tumbuh disekitar akar sekitar 2-5 tiap batangnya. 

29. Manee Lomphet

Jenis Aglonema Manee Lomphet memiliki ciri khas daun memanjang dan menyempit. Warna tulang daun merah sama seperti bagian pinggir daun. Terdapat 2-9 anakan dalam setiap satu indukan. Perkembangbiakan yang mudah dan tahan di segala cuaca.

30. Bintang Utara (Northern star)

Aglonema jenis Nothern star memiliki daun memanjang dan berwarna kehijauan. Bagian tulang daun berwarna pink. Memiliki 2-5 anakan di setiap indukannya. 

31. Paramruay

Aglonema jenis Paramruay memiliki keunikan dominasi merah untuk daun muda lalu lama kelamaan daun akan menjadi kehijauan dengan corak pink kemerahan di bagian tulang daun. Semakin tua warna daun danbatang semakin kehijauan. Pada beberapa kondisi terlihat sulit beradaptasi dengan suhu dan cahaya matahari sehingga perkembangbiakan cukup sulit. Anakan juga sulit muncul hal ini disebabkan karena adaptasi yang kurang baik.

32. Pride of Sumatera
Aglonema yang banyak ditemukan di Sumatera ini miliki ciri khas daun terlihat agak menggulung ke dalam saat muda lalu semakin tua akan melebar dengan garis tulang daun yang tegas berwarna pink. Anakan dalam setiap batang cukup banyak sekitar 2-6 anakan. Di dataran tinggi daun akan mengecil 

33. Rindu 

Jenis Aglonema ini memiliki ciri khas daun runcing dan lebar, bagian ruas daun berwarna merah semakin ke pinggir terlihat corak kehijauan lebih kentara. Terdapat sedikit anakan sekitar 1-3 anakan saja dalam satu batang indukan.

34. Treasure of siam
Treasure of Siam adalah aglonema dengan ciri khas tulang daun berwarna merah tegas semakin ke ujung daun terlihat kehijauan  sedangkan batang berwarna merah merata. Agak sulit tumbuh daun seringkali mengecil namun bunga kerap terlihat.

35. Venus

Aglonema Venus memiliki ciri khas daun kompak berwarna merah di sebagian besar permukaannya. Ada corak kehijauan yang terlihat merata di permukaan daun. Memiliki 5-7 anakan kehidupan di dataran tinggi akan berwarna kehijauan.

36. Widuri

Aglonema jenis Widuri memiliki daun kompak berwarna hijau kemerahan denga tulang daun hingga ke batang berwarna pink. Terdapat 2-10 anakan sehingga mudah tumbuh. Pada dataran tinggi daun akan terlihat memucat dan berukuran kecil.

37. Putri salju (Snow white)

Jenis Aglonema putri salju berbeda dengan jenis lainnya karena dominasi warna putih kehijauan. Memiliki anakan yang cukup banyak dalam setiap pot susunan daun kompak sehingga terlihat anggun. 

38. Srikandi

Jenis Aglonema Srikandi memiliki daun lebar dan lancip. Bagian tulang daun berwarna merah hingga ke batang sedangkan permukaan daun hingga ke bagian pinggir berwarna merah kehijauan. Terlihat kompak sehingga susunan daun cantik terlihat.

39. Tiara 

Jenis Tiara menyerupai Srikandi namun perbedaannya terletak pada dominasi corak daun. Tiara memiliki dominasi kehijauan di bagian daun hingga ke bagian pinggir. Relatif tahan terhadap cuaca.

40. Sinta
Aglonema sinta memiliki dominasi pink dengan ukuran yang akan membesar dan rimbun. Tulang daun berwarna pink hingga ke batang.

41. Wijaya red

Jenis Aglonema Wijaya red memiliki daun besar dengan dominasi warna pink kehijauan. Tumbuh cukup mudah dan tahan dengan cuaca.

42. Butterfly

Butterfly memiliki daun yang banyak memanjang. Tulang daun berwarna pink sedangkan dominasi warna daun kehijauan dengan sirip daun berwarna pink putih.


43. Heng heng

Aglonema Heng-heng memiliki warna daun jingga, merah dan kehijauan dengan jumlah anakan yang cukup banyak.

44. Pink peachok

Aglonema pink peachok memiliki warna tulang daun pink dengan dominasi hijau pada bagian daun hingga ke sisi luar.

Selain nama nama Aglonema diatas, ada begitu banyak varietas baru aglonema yang muncul dari persilangan varietas yang sudah ada. Aglonema yeraebut antara lain : 

45. Red Moon

Red Moon memiliki daun melebar dan kompak dengan warna pink kekuningan mendominasi. Bagian tulang daun berwarna pink hingga ke bagian batang.

46. Pink princess


Memiliki daun lebar memanjang pada bagian ujung daun runcing dengan dominasi permukaan daun berwarna kuning kehijauan dan terdapat corak pink di bagian tulang daun.

47. Lady Thai

Lady Thai memiliki daun besar dan lebar dengan corak pink kehijauan.

48. Rainbow

Rainbow memiliki ciri khas daun lebar berwarna pink ada beberapa bagian pinggir daun masih berwarna hijau

49. Pink shadow

Aglonema pink shadow memiliki warna daun dominasi pink kehijauan denga tulang daun berwarna putih pink.

50. Siam orange


51. Adelia


52. Betty Bob


53. Chaopraya


54. Dus Unjamane


55. Lakmeng


56. Luwalaiwan


57. Pink phanter


58. Red evergen


59. Red flash


60. Red Peachok


61. Red Queen 

62. Red star

63. Red Tiger


64. Ruby elegant


65 - 101 ada di postingan berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "101 Tanaman Hias Viral yang Mudah di Rawat"

Posting Komentar