Jenis Ikan Hias Killingfish si Kecil sang Petarung Sejati

Para penghuni Akuascaping terlihat hidup rukun dengan berbagai spesies lainnya seperti udang hias. Kelihatannya si Rachovii semakin terbiasa hidup berdampingan dengan berbagai spesies lain. Tapi jangan coba-coba menyatukan jantan lain dalam satu aquascaping kalau tidak mau melihat mereka beradu jotos sampai tepar. Satu-satunya cara jika ingin menyatukan Rachovii adalah dengan memperbanyak populasi betina dalam satu aquascaping. 

Jenis Ikan Hias KillingFish si Kecil Sang Petarung Sejati

Ikan Hias KillingFish memang memiliki pesona tersendiri di kalangan pecinta ikan hias. Warna-warni cerah yang di seluruh tubuh Ikan Hias KillingFish menjadi daya tarik luar biasa. Saat dilihat dari luar kaca aquascaping akan semakin indah terlihat. Sirip yang membentang menyerupai kipas meliuk-liuk saat si Killingfish mulai bergerak. Tapi lihat saja saat mereka bertemu dengan lawan sesama pejantan meraka akan terlihat sebagai Killingfish sejati yang siap bertarung dan menguasai arena pertarungan. 

Anatomi Nothobranchius rachovii

Bernama asli Nothobrnachius rachovii memiliki ukuran tubuh mungil sekitar 5-6 cm. Warna tubuh  Terang yang mencolok, kombinasi merah, putih dan biru metalik. Bagian ekor memiliki bingkai garis berwarna jingga kemerahan sering ada campuran hitam. Memiliki gerakan yang lincah serta tidak mudah stress. Sama seperti ikan cupang lainnya Rachovii mengganas jika bertemu dengan petarung jantan lainnya. 

Nothobranchius Korthausae yellow

Memiliki nama asli Nothobranchius Korthausae yellow memiliki suhu tubuh 22-28 derajat Celsius. Bergerak aktif. Warna tubuh kuning mengkilap pada sebagian tubuh hingga bagian bawah mulut sampai sirip. warna sisik sebagian hitam kehijauan. Memiliki gerakan incah dan sselalu aktif.

Nothobranchius Korthausae red

Liliput berikutnya adalah Nothobranchius Korthausae yellow berasal dari Pulau Zanzibar Afrika. Anatomi tubuhnya berwarna merah terang di sebagian besar tubuh. Pada bagian kepala merah kekuningan dan ekor merah muda. Sedangkanbagian sisik lebih dominan semburat kebiruan. Gerakannya jangan ditanya semua jenis Nothobranchius memiliki gerak yang gesit. 

Fundulopancax gadneri


Memiliki anatomi tubuh dibalut warna kuning mengkilap dengan bintik-bintik merah bertaburan sampai ke bagian ekornya. Sayangnya umur ikan hias ini cukup pendek yaitu sekitar 1-2 tahun. Pendeknya umur ikan hias ini karena habitat asli ikan hias yang berada di rawa-rawa atu danau yang sering mengalami kekeringan apabila musim kemarau. Sehingga di habitat asli ikan hias ini akan sering bertahan hidup untuk jangka waktu yang pendek. 

Sama hanya naluri hewan lainnya yang memiliki kecenderungan mempertahankan jenisnya, Maka Killingfish juga akan menjaga telur-telurnya sebelum mati karena musim kemarau panjang. Telur-telur yang diertahankan akan disembunyikan di tempat-tempat lembab masih ada kandungan air seperti rawa-rawa. Telur telur tersebut akan bertahan hingga musim kemarau berakhir dan hujan turun mengggenangi kembali rawa yang kekeringan. Telur-telur akan menetas dan masa kehidupan Killingfish akan tetap ada meskipun indukan sudah terlebih dahulu menemui ajal. 

Nothobranchius Eggersi Blue


Memiliki anatomi tubuh mini ukuran 5-6 cm dengan warna tubuh campuran biru terang dan merah. Pada bagian ekor hampir menyeluruh berwarna biru terang. jika diterpa sinar lampu maka sisik-sisik  akan bercahaya mengkilap. Suhu tubuh sekitar 24-27 derajat celsius dengan gerakan yang aktif. 

Nothobranchius Eggersi Red

Nothobranchius Eggersi Red memiliki anatomi tubuh yang mini sama halnya Nothobranchius Korthausae yellow. Seluruh tubuh didominasi warna terang merah pada bagian sisik berwarna mengkilap keemasan. Memiliki suhu tubuh sekitar 24-27 derajat celsius dan selalu aktif bergerak.

Inilah beberapa jenis Killingfish si petarung sejati yang kecil namun memiliki pesona luar biasa. 


Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Jenis Ikan Hias Killingfish si Kecil sang Petarung Sejati"

  1. Cantik warnanya, ini yang disebut ikan laga/ cupang bukan ya ? biasanya anak anak senang buat di adu ikannya. Saat ini lagi tren banget dikoleksi

    BalasHapus
  2. saya baru mendengar ikan ini disini, pas foto pertama sekilas mirip ikan cupang ya. cantik ikannya, penggemar ikan hias pasti sukaa

    BalasHapus
  3. beberapa kali aku ngebaca ulang dan melihat gambarnya, sekilas kok mirip ikan cupang... tapi ternyata bukan, ini Ikan Hias KillingFish yang warnanya juga cakep abis ya kak. pengetahuan baru buatku

    BalasHapus
  4. wah ikan ikannya cantik
    ini yg disebut ikan cupang ya kak
    ikan ini lagi hapening banget ya kak, banyak yg memelihara

    BalasHapus
  5. Ga ada habisnya ya dunia fauna, terutama ikan hias. Anak-anak lagi getol merawat ikan cupang di rumah, mirip kali ya? Memang beringas mereka ini karena suka menyerang. Makanya mesti dipisah ya tempatnya walau sesama mereka sendiri. Ternyata asalnya jauh juga, ada yang dari Afrika.

    BalasHapus
  6. Bagus-bagus ya motifnya. Pengen sebenre punya binatang piaraan lagi. Cuma akuriaum di rumahku sekarang berubah fungsi. Jadi gak bisa punya ikan baru

    BalasHapus
  7. Ikan-ikannya cantik-cantik warnanya. Bentuknya juga lentik. Sayangnya saya kalo punya ikan di rumah tidak pernah awet padahal suka banget saya ngeliat ikan di dalam aquarium.

    BalasHapus
  8. Waaahh cantik cantik sekali yaa warnanya, menarik juga untuk dipelihara di rumah, bahkan sekarang ada kompetisinya yaa.

    BalasHapus
  9. Kalau lihat ikan petarung ini jadi ingat serial Upin Ipin, soalnya keseringan nemenin Ponakan nonton yang suka pas tayangan ikan laga

    BalasHapus
  10. Namanya bagus tapi sulit dihapal nih mbak, ikan hias seperti ini lagi trend sepertinya sekarang

    BalasHapus
  11. Walah ternyata kalau pelihara KillingFish dan mau disatukan berarti betinanya harus diperbanyak biar nggak berantem yang jantannya rupanya. Cakep cakep warnanya.

    BalasHapus
  12. Ikan hias Killingfish ini seperti ikan cupang ya? Eh, atau memang sama aja?
    Warna tubuhnya bagus-bagus ya, pastinya indah sekali kalau punya banyak ikan Killingfish dalam satu aquascaping.

    BalasHapus
  13. Di balik warnanya yg indah, ternyata ikan2 tersebut suka bertarung ya. Seru juga sih liat adu ikan kayak gitu, walau kadang juga ada perasaan ngga tega

    BalasHapus
  14. ikan secantik ini ternyata ikan petarung ya. Wah kecil-kecil galak ya ikannya. Warna ikannya itu lho menarik banget. Tapi kalau dikumpulkan banyak ikan killingfish dalam satu akuarium gimana ya?

    BalasHapus
  15. wah baru tau nih jenis ikan hias yang iniii.. kok gemes gemes banget sama warnanya yaaa.. cantik cantik bangeeet

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu jenis ikan hias Killingfish ini. Ternyata mereka petarung juga ya, padahal warna-warnanya sungguh cantik luar biasa.
    Klo begitu harus hati-hati juga setiap pelihara ikan hias dan pahami aturan mainnya biar dalam satu akuarium gak saling berantem pejantannya.

    BalasHapus
  17. Wah, cantik2 ternyata berbahaya juga ya buat sesama ikan. Hihi.. Di rumah adanya cuma ikan bisa yg beli di abang keliling dekat rumah. Itu pun belinya paling 5000an. Klo ikan begini dipelihara di rumah kasihan ada anakku yg lebih galak klo lagi ubek2 air akuarium 😟😁

    BalasHapus