10 Manfaat Sayur Organik untuk Kesehatan

Sayur organik memiliki banyak manfaat antara lain sebagai penyuplai vitamin dan mineral. Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat sayur organik untuk kesehatan. Sebelumnya tentu pembaca semua sudah membaca artikel sebelumnya yaitu tentang Apa itu sayuran organik? Pada artikel tersebut telah diketahui unsur unsur apa saja yang terkandung dalam sayuran sehingga dikatakan sebagai sayuran organik.



10 Manfaat Sayur Organik untuk Kesehatan


Manfaat Sayuran organik untuk kesehatan antara lain:

Memiliki Kandungan Vitamin dan Mineral Tinggi


Sayuran organik memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi. Apalagi jika perawatan dan pertumbuhannya optimal dengan menyerap unsur hara dari tanah yang baik dan penuh nutrisi tentu kandungannya akan semakin kaya dengan nutrisi penting.

Misalnya sayuran organik Wortel. Wortel termasuk sayuran organik yang banyak disukai karena rasanya yang enak. Kandungan vitamin A akan optimal dimiliki sayuran wortel yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain itu ada brokoli yang memiliki kandungan mineral tinggi. Mineral banyak dibutuhkan untuk kesehatan tubuh khususnya sebagai kofaktor enzym, fungsi otot dan sistem syaraf. 

Anti Radikal Bebas


Sayuran organik yang tumbuh tanpa adanya bantuan pupuk kimia akan baik untuk kesehatan karena terbebas dari zat radikal bebas yang banyak terkandung pada pupuk semprot yang tersebar di udara. Sehingga sayuran organik aman untuk kesehatan dan baik untuk tubuh. Sayuran organik tanpa zat radikal bebas akan memiliki unsur-unsur penting untuk kebutuhan harian tubuh. 

Menjaga Imunitas Tubuh


Tubuh yang selalu mengkonsumsi sayuran organik akan mendapatkan asupan nutrisi secara optimal. Imunitas tubuh akan terjaga serta terhindar dari penyakit. 

Selain itu banyaknya kandungan nutrisi yang optimal terserap oleh tubuh akan senantiasa menjadikan seseorang yang mengkonsumsi sayuran organik terhindar dari obesitas, kolesterol, jantung serta penyakit lainnya yang memperburuk kesehatan.

Lingkungan Sehat dan Seimbang


Sayuran organik didapat dari penanaman dan pemeliharaan tanaman serta dampak yang ditimbulkan di lingkungan sekitar. Penanaman sayuran organik sangat memperhatikan unsur unsur hara yang diserap tanaman. Karena tidak menggunakan bantuan pupuk kimia untuk merawat tanaman maka tidak ada dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan penyalahgunaan pupuk kimia. Sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

Sayuran organik dirawat dengan penggunaan pupuk organik seperti kompos, penggunaan kompos untuk tanaman akan memperbanyak unsur hara yang dapat diserap tanaman dengan baik. Selain itu penggunaan kompos juga tidak ada dampak negatifkan untuk lingkungan.

Menjaga Tubuh dari Bahaya Kanker 


Sayuran organik memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari zat yang dapat menjadi pemicu kanker. Tubuh yang terpapar zat zat radioaktif pemicu kanker akan cepat bereaksi dan menjadi sel kanker. Kandungan zat berbahaya ini banyak terdapat di sayuran yang dalam perkembangannya mendapatkan treatment unsur kimia berlebih seperti penggunaan pada pupuk, insektisida, zat perangsang tumbuh, pestisida, dll.

Lahan tetap Terjaga dan dapat Digunakan Kembali


Lahan pertanian sayuran organik ramah lingkungan karena tidak ada penggunaan pupuk kimia dalam perawatan tumbuhnya. Lahan tetap aman tanpa adanya limbah AMDAL yang membahayakan. Limbah ini biasanya terdapat di sekitar lahan pertanian dengan penggunaan pupuk kimia berlebihan.

Mengoptimalkan Pertumbuhan pada Anak


Sayuran organik yang dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan akan banyak mendapatkan manfaat karena nutrisi terserap sempurna dari sayuran organik. Sayuran organik memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh dan akan bermanfaat untuk tubuh terutama perkembangan otak dan otot.

Untuk Diet Sehat


Fungsi sayuran organi sangat baik bagi mereka yang memiliki program diet sehat. Kesehatan badan didapat dari asupan nutri yang didapat dari makanan yang masuk ke dalam lambung dan terserap oleh tubuh. Oleh karena itu sayaurna organik yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk menyehatkan metabolisme tubuh kita. 

Diet sehat harus memenuhi standar kebutuhan nutrisi yang mencukupi jadi bukan hanya mengurangi zat tertentu dalam tubuh tapi wajib memenuhi gizi seimbang yang akan berdampak baik untuk. Mislanya saat Anda menjalani program diet sehat mengurangi karbohidrat bukan berarti nutrisi lainnya juga dikurangi, tetap harus mencukupi kebutuhan harian.

Untuk Menjaga Lingkungan


Sayuran organik berfungsi menjaga lingkungan dari tercemarnya akibat penggunaan zat kimia hasil dari pupuk kimia, insektisida dan pestisida. konsumsi sayuran organik sangat dianjurkan terutama untuk melestarikan lingkungan. Dampak AmDal yang sangat retan terhadap kerusakan lingkungan sudah sangat membahayakan lingkungan tempat tinggal kita. Banyak bagian dari rantai makanan yang mengalami disfungsi akibat tercemarnya lingkungan.

Saat ini sungai-sungai telah tercemar akibat dampak dari penggunaan pupuk, pestisida yang mengalir bersama air dan dikonsumsi oleh ikan-ikan kecil di dalam sungai atau danau. Selanjutnya ikan-ikan kecil akan termakan oleh ikan-ikan besar dehingga semakin banyak zat aditif bertumpuk di tubuh ikan-ikan besar. Khawatirnya jika terkonsumsi manusia akan menumpuk dan menjadi karsinogen yang akan berkembang menjadi kanker. 

Nah, Mari kita beralih ke sayuran organik untuk tetap menjaga lingkungan tetap aman untuk kehidupan selanjutnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Sayur Organik untuk Kesehatan"

Posting Komentar