5 Cara Memulai Peluang Bisnis Sayur Organik

Memulai bisnis sayur organik perlu keberanian dan pengetahuan yang mumpuni. Berbisnis sayuran organik bisa dimulai dari skala kecil serta door to door yang paling penting adalah lingkungan kita sudah mulai menyadari tentang pentingnya konsumsi sayuran organik ini. Pastikan Anda telah memahami Apa itu sayuran organik pada artikel sebelumnya.

Sayuran Organik

Cara Memulai Bisnis Sayuran Organik


Cara memulai bisnis sayuran organik terlebih dahulu kita wajib memperhatikan hal-hal berikut ini:

Menentukan posisi kita di dalam rantai bisnis sayuran organik


Di dalam rantai bisnis sayuran organik ada beberapa posisi yang perlu diketahui yaitu sebagai petani, penyalur, agen, atau sebagai penjual (seller).

Petani Sayuran Organik


Jika kita memilih posisi sebagai petani sayuran organik maka kita wajib memiliki pengetahuan tentang cara bertani sayuran organik yang sesuai dengan kaidah kaidah menanam sayuran organik. Mulai dari pemilihan bibit, pengolahan lahan, pemeliharaan, pemberian pupuk alami, pembasmian hama, hingga panen. Setiap langkah dalam proses bertani sayuran organik ada perbedaan dengan pertanian sayuran anorganik wajib mematuhi aturan pertanian organik yakni tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia, baik dalam penggunaan pupuk maupun pembasmian hama tanaman.

Untuk memulai menjadi petani sayur organik yang harus diperhatikan adalah:


Lahan 


Keberadaan lahan penting sekali karena lahan akan menjadi tempat menanam. Ada beberapa pilihan lahan yaitu lahan tanah, di pot, atau hidroponik. Masing masing lahan punya karakteristik tersendiri dengan cara pengolahan yang berbeda-beda. Lahan tanah akan optimal sebaiknya diolah terlebih dahulu sebelum mulai bertanam. Pengolahan lahan organik berbeda dengan pengolahan lahan pertanian organik. Pembersihan rumput liar tidak diperkenankan menggunakan obat kimia karena akan menjadikan lahan terkontaminasi bahan kimia yang menyebabkan gagalnya pertanian organik.


Bibit


Bibit sayuran organik tidak sama dengan bibit sayuran anorganik karena penggunaan bahan kimia yang biasa digunakan untuk pengawetan, anti jamur dan anti serangga yang menggunakan bahan kimia. Bibit sayuran organik sangat memperhatikan tiap perkembangan bibit agar tetap tidak bersentuhan dengan bahan kimia.

Lahan hidroponik juga dapat dipilih apabila Anda tidak memiliki lahan tanah namun ingin menjadi petani sayur organik. Penanaman secara hidroponik tentu akan sangat ektra hati-hati karena pertanian organik tidak menggunakan nutrisi dari zat kimia. Sementara penanaman hidroponik sangat mengandalkan nutrisi dari cairan yang diberikan. Hal ini karena penanaman dengan media air tidak seperti di tanah yang dapat mengikat nutrisi.

Pemupukan


Pemupukan dilakukan tanpa menggunakan zat kimia. Pemupukan menggunakan bahan alami seperti kompos, pupuk kandang, maupun sekam bakar. Pemupukan penting karena untuk menjaga nutrisi pada tanah terserap sempurna untuk tanaman.

Penyalur/agen


Sebagai agen yang dilakukan adalah mencari cara agar sayuran yang diambil dari petani tetap dalam kondisi fresh tidak diberi zat apapun untuk pengawetan dan pengemasan serta menjamin sayuran tetap fresh.

Jika hanya memilih sebagai reseller atau penyalur sayur organik kita memang akan lebih dimudahkan. Cukup memiliki armada kendaraan boleh mobil atau motor. Sebaiknya menggunakan mobil bak terbuka atau mobil box yang didesain khusus untuk menaruh barang. Karena sebagai agen kita akan mengambil sayuran dari petani lalu mengantarnya ke pasar sehingga banyak memakan tempat. Mobil box dengan desain rak rak juga bisa digunakan.

Gudang juga penting sebagai penyalur/agen karena untuk menjaga harga tetap stabil perlu adanya gudang sebagai tempat keluar masuknya barang. Gudang juga berfungsi untuk menampung sementara sayuran sebelum disalurkan ke tangan konsumen atau ke penjual.

Penjual Sayur Organik


Sebagai penjual atau seller sayur organik wajib mengetahui pasar sayur organik. Seperti kita ketahui bahwa pasar sayur organik tidak seperti pasar biasa yang pembelinya bisa dari mana saja dan kalangan bawah sampai atas. Sayuran organik memiliki pangsa pasar khusus yang didapatkan dengan cara pendekatan dan kesadaran akan hidup sehat.

Hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi penjual sayuran organik


Pangsa Pasar


Pelajari pangsa pasar sayuran organik, bisa saja dengan melibatkan jaringan media sosial, pertemanan, keluarga, relasi kantor,dll jangan sungkan untuk menawarkan sayuran organik dan berbagai kelebihan sayuran organik yang kita punya.

Pasar sayur organik lebih banyak kalangan menengah ke atas yang telah menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Pasar sayur organik akan selalu dibutuhkan oleh kaum urban dengan lifestyle tersendiri. Mereka bisanya sangat bergantung dengan kebutuhan asupan makanan sehat untuk tubuh.

Pengemasan


Pengemasan yang baik akan membuat kesan positif bagi konsumen. Konsumen akan percaya pada penjual dengan melihat tampilan pertama sayuran organik kita dan akan membeli kembali. Untuk itu sangat dianjurkan membuat brand sendiri, memberi kemasan yang baik serta tampilan yang segar terlihat. 

Harga


Harga adalah nomor satu untuk tiap penjualan. Karena jika harga yang kita tawarkan terlalu tinggi konsumen akan berekspektasi tinggi juga terhadap produk yang kita tawarkan. Untuk itu menjaga kualitas produk sayuran organik akan membuat harga sayuran kita tetap bertahan.

Cek secara berkala harga sayur organik di pasar dan saluran resmi seperti dinas perindustrian dan perdagangan sebagai pengendali pasar agar kita tidak merugikan saat stok dan menjual barang.

Membuat Brand Sendiri


Setelah melalui berbagai tahapan memulai berbisnis sayuran organik makan tidak menutup kemungkinan untuk memulai memikirkan brand sendiri karena akan lebih mudah dikenali oleh customer. Namun hal ini boleh menjadi alternatif yang kedua jika kita sudah yakin dengan pasar dan kualitas sayur organik kita dapat terus bertahan dan mengalami peningkatan dalam penjualan.

Untuk mempelajari membuat brand sendiri maka lakukan beberapa hal dibawah ini:

Mengurus perizinan


Mengurus perizinan perlu dilakukan karena perizinan akan menentukan kepercayaan masyarakat kepada brand yang telah kita bangun selain itu untuk menghindari pihak lain mengakui brand milik kita

Mengurus BPOM


Karena produk yang dimiliki adalah produk konsumsi atau produk makanan maka diperlukan logo BPOM untuk menjamin produk sayur organik yang kita punya sehat, layak konsumsi dan terhindar dari zat berbahaya

Mengurus Logo halal MUI


Logo MUI penting ada di produk makanan karena kita tinggal di negara berpenduduk muslim maka kita membutuhkan keabsahan dari MUI selaku badan yang resmi mengeluarkan logo halal.

Mengurus tempat izin usaha


Izin usaha dilakukan untuk menghindari usaha kita di katakan ilegal. Mengurus izin usaha diperlukan melalui dinas perindustrian dan perdagangan.

Inilah bahasan tentang cara memulai peluang bisnis sayur organik yang dapat Anda mulai. Artikel lainnya tentang Apa itu sayur organik dapat Anda simak di artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "5 Cara Memulai Peluang Bisnis Sayur Organik"

  1. Enak banget kalau punya lahan sayur organik sendiri, apalagi kalau sayurnya macem-macem. Tiap hari bisa makan sehat..

    BalasHapus
  2. Sayuran organik ini lebih dibutuhkan di tengah gempuran sayuran yang banyak pestisida

    BalasHapus
  3. Entah kenapa lebih suka sayuran organik yang biasanya justru terlihat seger-seger. Soal harganya memang beda dibandingkan sayur biasa, tapi kualitasnya bener-bener dijaga. 😃

    BalasHapus
  4. Banyak hal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis sayuran orb=gaik ya apalagi untuk pemula harus belajar dari nol supaya bisa terpenuhi semua. Oh aku baru tahu untuk sayuran organik juga harus ada logo BPOMnya juga ya, tapi jadi lebih aman sih ya untuk memastikan tidak menggunakan bahan kimia dalam menanamnya

    BalasHapus
  5. Ditempat aku ada mbak petani sayuran organik dan dijual hasil panennya. Lebih mahal tapi yakin lebih sehat. Di sini yang jual Suami istri pensiunan yang emang demen nanem. Hanya lewat pipa2 gitu di rooftoop rumahnya Masha Allah kaya kebun sayuran. Cuma memang blum ada brand sendiri hanya jual ke tetangga sekitar aja.

    BalasHapus
  6. Sayur organik emang enak banget dan segarr. Harga lebih malah gak masalah karena worth it dengan manfaatnya.

    Dengan berbisnis sayur organik maka dapat banyak keuntungan ya. Dapat uang, bisa untuk konsumsi pribadi juga, otomatis tambah sehat.

    BalasHapus
  7. Di daerahku kayanya belum ada yang bisnis sayur organik. Kudu telaten sih ini. Paling ada yang tanam, itu buat konsumsi sendiri. Aku pun sebenarnya tertarik, tapi ya banyak malasnya. Dasar manusia

    BalasHapus
  8. Sayur organik nih banyak diminati para ibu-ibu, aku pun lebih senang membeli sayuran organik. Andai punya lahan yang cukup, pengin banget rasanya menanam sayur organik sendiri.

    BalasHapus
  9. Komunitas olahraga dan komunitas pemerhati kesehatan juga biasanya juga jadi pangsa pasar sayur organik.

    BalasHapus
  10. Lahannya harus besar kah kalau menjadi petani dibperkotaan?

    Sepertinya menarik ya menjadi petani sayuran organik 😊

    BalasHapus
  11. molly pingin berbisnis petani sayuran organik nih. selain buat jualan, bisa buat konsumsi sendiri juga. tapi apakah mendukung untuk di wilayah perkotaan?

    BalasHapus
  12. Wah kalau saya punya lahan untuk bisa nanam sayur organik, gak bakalan mau jual dulu deh
    Mau konsumsi sendiri aja dulu sepuasnya
    Hehehe....
    Secara saya dan keluarga memang lebih suka sayuran

    BalasHapus
  13. Sekarang ini bisnis sayur organik lagi naik daun
    Sebab, semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan. Mereka pun memilih mengonsumsi sayuran organik

    BalasHapus
  14. Kalau ditekuni sayuran organik itunsekarang banyak pasarnya ...seperti hotel2 berbintang atau rumah sakit, restoran itu biasanya memilih sayuran organik,,, cuma yaitu harus fokus terlebih utk pengembangannya

    BalasHapus
  15. Aku jadi inget temen yang punya usaha sayuran organik, dia pasok ke restoran dan juga hotel. Maju banget dan penghasilannya besar

    BalasHapus
  16. Sayur organik sekarang banyak peminatnya mba, bisa jadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Tapi memang banyak yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini

    BalasHapus
  17. Menginspirasi yaah..
    Karena di zaman sekarang, menanam sayuran secara organik bisa dengan berbagai metode yang bahkan minim lahan. Kalau untuk konsumsi pribadi aja uda oke banget, syapa tau bisa meluas jadi sebuah usaha yaa..

    BalasHapus
  18. Lengkap dan menarik. Soal harga memang lebih tinggi ya karena lebih bernutrisi dan aman. Makanya pangsa pasarnya ya menengah ke atas. Bisa nih kalau mau mulai usaha sayuran organik

    BalasHapus
  19. meski mahal, sayur organik tetap banyak dicari, tetap banyak peminatnya karena lebih sehat, rasanya juga beda, lebih segar dan manis gitu sih ya.
    cocok banget emang kalau mau buka usaha sayur organik tuh, pasti laris manis.

    BalasHapus
  20. kalau mau bisnis sayuran organik ini kayaknya memang harus total banget yaa soalnya suami pernah mau berkebun tapi ya nggak berhasil karena berbagai hal

    BalasHapus