Sayur Organik Kaya Vitamin dan Mineral

Sayur organik kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral ini banyak terdapat pada daun, batang, buah maupun bunga yang biasa dikonsumsi. Selain itu rasa nya yang lezat juga  menjadikan sayur organik di cari oleh semua orang untuk konsumsi harian. 

Setelah sebelumnya kita bahas tentang sayur organik umbi Pada post kali ini kita akan membahas tentang sayur organik yang memiliki kandungan vitamin dan mineral sehingga Anda dapat mengoptimalkan kebutuhan nutrisi tubuh.

Sayuran organik kaya vitamin dan mineral




Sayuran Organik kaya Vitamin dan Mineral


Bayam


Bayam kaya akan zat besi dan vitamin K. Bayam ada di 2 jenis. Yakni bayam hijau dan bayam merah. Bayam hijau juga ada beberapa jenisnya ada bayam hijau berdaun kecil dan bayam hijau berdaun besar.

Pembudidayaan bayam dapat dilakukan dengan cara menyemai biji bayam yang dihasilkan dari tanaman bayam yang telah tua serta telah menghasilkan bunga yang selanjutnya menghasilkan biji. 

Umur simpan tanaman bayam cukup pendek, cuma tahan 24 jam di suhu luar ruangan serta 3 hari di lemari pendingin namun kita bisa menyiasatinya dengan melakukan penyimpanan yang benar.

Caisim


Caisim adalah sawi dengan batang yang melebar dan membentuk kelopak. Sawi caisim biasa diolah dengan cara di tumis atau campuran mie ayam. 

Pembudidayaan caisim dengan cara menanam tanaman dari bibit caisim yang telah terlebih dahulu di semai. 

Pemanenan caisim dilakukan dengan memotong pangkal batang diatas akar tanaman. Caisim dapat bertunas di bagian akar sehingga dapat berkembang menjadi individu baru.

Wortel


Wortel adalah sayuran organik yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Wortel termasuk tanaman organik umbi yang dapat tumbuh dengan cara pemeliharaan yang tepat. Wortel dapat di tanam di lahan atau di dalam pot dengan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, sekam padi, pupuk kompos/pupuk kandang.

Olahan wortel dapat menjadi salad, campuran sayur SOP, jus maupun pendamping steak yang enak. Wortel juga menjadi bahan favorit pembuat pangan seperti nugget, siomay dana bakwan. 

Bit


Bit termasuk sayur organik umbi yang dapat diolah menjadi salad sayur, jus atau makanan sehat lainnya. Kandungan nutrisi pada bit sangat banyak seperti kalsium, mineral, vitamin dan magnesium yang banyak dibutuhkan tubuh.

Pembudidayaan bit dapat dilakukan dengan menanam bibit tanaman bit di media tanam. Media tanam dapat di lahan tanam atau di dalam pot. 

Kentang


Kentang adalah makanan penghasil karbohidrat yang banyak disukai. Kentang tanaman organik jenis umbi yang tumbuh di dalam tanah. Kentang mengandung banyak potasium, kalium, karbohidrat penghasil energi serta vitamin dan mineral.

Pembudidayaan kentang dilakukan dengan cara menanam umbi kentang di dalam tanah. Umbi akan bertunas dan selanjutnya menjadi individu baru. 

Kentang yang ditanam di dalam pot dapat dilakukan dengan menyediakan media tanam yang terdiri dari campuran pupuk kandang, tanah, pupuk kompos. 

Olahan kentang sangat disukai orang dari berbagai kalangan. Keripik kentang bahkan sudah banyak kita jumpai di supermarket-supermarket terdekat selain itu olahan seperti potato bread, potato garlic, dll adalah olahan kentang yang banyak dijumpai di toko-toko roti terdekat.

Brokoli


Brokoli adalah tanaman sayur yang dihasilkan dalam bentuk bunga. Brokoli dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti cah brokoli, SOP, tumis brokoli jagung udang dll.

Pembudidayaan brokoli dapat dilakukan dengan penanaman benih brokoli di lahan tanam selanjutnya brokoli dapat dipindahkan ke media tanam dan lalukan perawatan setelah tanam agar menghasilkan tanaman brokoli yang sehat dan segar.

Kubis


Kubis banyak disukai karena rasanya yang enak dan bisa langsung dimakan mentah. Kubis ada dua macam yaitu kubis merah dan kubis hijau. Kubis bisa digunakan untuk campuran salad sayur, lalapan, sayur santan bening bahkan campuran tongseng atau gule. 

Budidaya kubis cukup sulit biasanya dilakukan di daerah dataran tinggi dengan udara yang sejuk. Kubis hanya bisa dipanen satu kali saja oleh karena itu budidaya kubis cukup sulit dan membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Selada


Selada adalah tanaman sayur organik yang dapat dikonsumsi mentah. Selada bisaa menjadi campuran salad sayur, atau lalapan.

Sam halnya kubis selada bisa dibudidayakan di dataran tinggi untuk hasil yang maksimal namun bisa juga di budidayakan di rumah dengan perawatan yang maksimal. 

Nah, inilah sayur organik kaya vitamin dan mineral yang dapat menjadi referensi menu sehari-hari. Selain sayur organik hijau ada sayur organik umbi serta olahan sayur organik yang menjadi favorit banyak orang. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayur Organik Kaya Vitamin dan Mineral "

Posting Komentar