Olahan Sayuran Organik Lokal dan Enak

Sayuran organik akan lebih sehat dan enak dengan olahan yang tepat. Mengolah sayuran organik harus dengan cara yang benar agar sayuran tidak kehilangan nutrisinya. Apalagi beberapa sayuran akan kehilangan nutrisinya jika tidak mendapatkan pengolahan dengan cara yang benar. Misalnya sayuran seperti wortel akan larut di air sehingga tidak dianjurkan untuk mencuci terlalu lama. Sayuran hijau akan kehilangan nutrisi penting seperti vitamin apabila terlalu lama memasaknya. Postingan terdahulu tentang bagaimana menyimpan sayuran organik tentu dapat menjadi sumber informasi penting bagi pencinta hidup sehat.

Umbi-umbian

Olahan sayuran organik




Olahan Sayuran Organik Sehat Bernutrisi



Beberapa olahan yang dapat Anda buat dari sayuran organik agar nutrisi tetap terjaga antara lain:

Salad Sayuran


Salad sayuran adalah paduan berbagai potongan sayuran segar dipadu dengan saus salad, mayones serta ditambahkan minyak zaitun dan biji wijen. Salad dari olahan sayuran organik dapat menjadi pilihan menu sehari-hari karena sehat dan tidak kehilangan nutrisi penting.

Bahan-bahan Salah sayuran

Kol
Selada
Kubis
Timun
Tauge
Mayonaise
Minyak wijen
Biji wijen

Cara membuat

Cuci dan Potong-potong sayuran lalu susun di wadah yang agak besar. Campurkan mayonaise, minyak wijen dan biji wijen ke dalam sayuran. Siap dihidangkan.

Gado-gado


Gado-gado adalah campuran potongan sayuran yang ditambah topping saus kacang. Isi dari gado-gado menyesuaikan dengan selera si pembuatnya namun pada umumnya gado-gado wajib ditambahkan kol, telur, kentang, kerupuk dan saus kacang.

Bahan Gado-gado 


Kol
Timun
Tauge
Kentang 
Telur
Kerupuk 

Bahan saus gado-gado 

Kacang tanah sangrai
Cabe 5 buah
Bawang putih 3
Gula merah 2 sdm
Air asam Jawa 1 SDM
Garam
Bawang goreng

Cara membuat

Iris tipis kol, timun, buang akar pada tauge, rebus kentang dan telur. Susun ke dalam wadah besar. Untuk membuat saus giling kacang tanah sangrai, lalu goreng cabai, bawang putih, kencur, kemiri setelah di goreng giling halus semua bumbu masak hingga kental, masukkan garam, gula, air asam Jawa, koreksi rasa.

Setelah saus dingin siram saus ke dalam susunan potongan sayuran. Taburkan bawang goreng dan kerupuk. Boleh juga ditambahkan potongan lontong untuk menambah karbohidrat dan tentunya lebih mengenyangkan. Sebagian masyarakat membuat gado-gado untuk campuran nasi sehingga sering kali kita temukan gado gado di jamuan pernikahan atau acara keluarga.

Lotek


Lotek adalah salad sayuran khas Indonesia. Lotek banyak dijajakan di warung-warung makanan dan cukup favorit di masyarakat. 

Bahan-bahan 

Kangkung 1 ikat
Timun 1 buah
Genjer 1 buah
Kacang panjang 1 ikat
Tauge 100 gr
Daun singkong 1 ikat 

Bahan saus 

Kacang tanah sangrai 100 gr
Bawang putih 2 siung
Gula merah
Kencur 1 ruas jari
Garam
Gula merah
Air asam Jawa

Cara membuat

Rebus sayuran mulai dari warna cerah hingga pekat, toge buang akarnya rebus sebentar angkat lalu tiriskan. Masukkan kacang panjang yang telah dipotong pendek kira-kira satu ruas jari, cuci lalu masukkan ke dalam panci rebusan tunggu sebentar lalu angkat dan tiriskan. Masukkan genjer, daun singkong dan kangkung secara bergantian di air rebusan. Angkat lalu tiriskan. Potong potong timun tipis-tipis.

Untuk saus, giling kacang tanah sangrai, masukkan kencur, bawang putih dan gula merah lalu ulek hingga halus dan tercampur rata. 

Setelah sayuran di rebus susun sayuran di wadah besar lalu masukkan saus yang telah halus aduk-aduk hingga semua bahan tercampur. Siapkan piring saji lotek siap menjadi santapan. Bisa juga dicampur kan dengan lontong untuk menambah karbohidrat.

Karedok


Karedok adalah olahan sayuran yang dipadu dengan topping saus kacang. Bagi sebagian penyuka sayuran mentah karedok sangat cocok di lidah. 

Bahan-bahan 

Kacang panjang
Timun
Toge
Kol
Sohun
Tahu goreng

Bahan saus

Kacang tanah goreng
Bawang putih 2 siung
Gula merah 1 sdm
Air asam Jawa 1 sdt
Bawang goreng

Cara membuat 

Cuci dan  potong kecil-kecil kacang panjang sepanjang 1/2 cm. Tahu potong dadu, sayuran kol juga di potong halus,  timun potong tipis. Susun sayuran, tahu dan sohun di wadah yang cukup besar.

Buat saus dari campuran kacang tanah sangrai, bawang putih, gula merah, air asam, cabe rawit, garam hingga halus lalu masukkan ke dalam susunan sayuran beri topping bawang merah goreng.

Lawar


Lawar adalah makanan tradisional yang sering terdapat di acara hajatan. Lawar terdiri dari sayuran dan parutan kelapa yang diberi bumbu. 

Bahan-bahan 

Batang talas 4 batang ukuran sedang
Kelapa yang agak muda parut memanjang
Bunga pepaya
Kecipir 
Daun pepaya

Bahan Bumbu

Kelapa parut yang agak muda
Kencur
Cabe merah
Bawang putih 
Bawang merah
Garam
Air jeruk nipis

Cara Membuat

Bersihkan talas dari kulit luar, sisakan bagian batang bersih rendam dalam air saat membersihkan agar tidak menghitam. Rebus talas di air mendidih sebentar saat merebus beri asam Kandis untuk menghilangkan rasa gatal dari getah. Angkat dan tiriskan.

Didihkan air untuk merebus bunga pepaya dan daunnya. Masukkan Asam Kandis atau tanah lempung, atau daun keduruk ke dalam rebusan agar menghilangkan rasa pahit.

Campurkan kelapa parut, bumbu halus yang terdiri dari cabai, bawang putih, gula merah, kencur kedalam wajan lalu sangrai sebentar di atas api sedang sampai tercampur rata. Tidak perlu terlalu lama. Campurkan bumbu kelapa ke potongan sayuran. Siap dihidangkan.

Acar


Acar adalah makanan favorit sebagian orang karena rasa yang segar dan enak. 

Bahan bahan Acar sayuran

Wortel
Timun
Cabe rawit
Cuka
Gula pasir
Bawang merah


Iris timun dan wortel serta potong kotak menyerupai batang korek api. Campurkan cuka makan, gula garam, dan bawang merah yang telah dipotong ke dalam campuran sayuran. Diamkan di dalam lemari es, air akan keluar dari sayuran dan acar siap dihidangkan.

Nah, inilah olahan sayuran organik sehat untuk kamu para pencinta hidup sehat. Olahan sayuran organik lainnya yang dapat kamu sukai bisa dilihat di postingan tentang Panganan sayuran organik bernutrisi tinggi di blog ini. Selamat mencoba hidup sehat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahan Sayuran Organik Lokal dan Enak"

Posting Komentar