Sayur Organik Jenis Umbi yang Mudah di Budidayakan

Sayur organik jenis umbi-umbian merupakan jenis sayuran yang banyak dicari. Masing-masing jenis sayuran organik jenis umbi ini memiliki kandungan nutrisi yak tergantikan sehingga wajib ada dalam setiap menu harian. Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang sayuran organik hijau kali ini kita akan membahas tentang sayuran organik jenis umbi yang mudah untuk dikembangbiakkan.

Apa saja sayuran organik jenis umbi yang mudah dibudidayakan di halaman maupun di dalam pot tanaman? Yuk simak artikel kali ini kita akan mengupas tuntas tentang sayuran organik jenis umbi-umbian.

Sayuran organik umbi



Sayuran Organik Jenis Umbi-umbian 


Bawang Merah


Bawang merah adalah jenis umbi lapis yang banyak digunakan dalam bumbu penyedap masakan. Bawang merah tumbuh di dalam tanah sehingga termasuk jenis umbi-umbian.

Cara membudidayakan bawang merah dapat dilakukan di tegalan atau sawah, bisa juga di tanam di dalam pot. 

Bawang merah memiliki umur satu kali panen. Dalam satu buah bibit bawang merah akan tumbuh tunas dan anakan yang kemudian kan berkembang menjadi tanaman bawang merah yang baru serta siap menghasilkan umbi bawang merah. 

Bawang Putih


Bawang putih merupakan jenis tanaman umbi yang berwarna putih. Bawang putih digunakan dalam bumbu masakan serta obat herbal. Sebagai bumbu masakan bawang putih cukup populer di kalangan masyarakat baik di kota maupun di desa bahkan di luar negeri juga menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan.

Cara membudidayakan bawang putih antara lain dengan menggunakan bibit yang berasal dari umbi yang sudah siap untuk berkembang menjadi tunas dan menjadi individu baru.

Umbi ditanam di media tanam lalu ditutup dengan tanah. Media tanam yang digunakan sebaiknya campuran pupuk kompos/pupuk kandang, sekam bakar dan tanah.

Kentang


Kentang adalah umbi yang merupakan penghasil karbohidrat. Kentang banyak disukai di berbagai negara terutama pendamping makanan fried chicken dan steak. Kentang juga dapat diolah menjadi berbagai panganan enak, donat, sup dan aneka cemilan. 

Budidaya kentang menggunakan umbi yang telah siap tanam kondisi umbi yang siap tanam telah muncul bakal tunas pada beberapa bagian umbi.

Letakkan umbi di lahan tanam atau media tanam yang telah disiapkan sebelumnya yang terdiri dari campuran pupuk kandang, pupuk organik serta dan tanah. Tuto bibit dengan tanah, tunggu tunas bertumbuh dan menghasilkan daun dan batang sejati.

Bit


Bit merupakan sayuran organik yang enak dan disukai oleh para pencinta hidup sehat. Kandungan gizi bit yang terdiri dari mineral, vitamin dan kalsium tinggi menjadikan bit cukup populer bagi penggiat hidup sehat.

Budidaya bit dilakukan dengan umbi yang telah tua. Umbi bit ditanam di media tanam. Tutup umbi dengan tanah lalu tunggu sampai bit bertunas dan menjadi individu baru.

Wortel


Wortel adalah tanaman sayur organik favorit yang kaya akan vitamin A, vitamin C dan mineral. Wortel tumbuh di dalam tanah dan menghasilkan umbi yang menyimpan cadangan makanannya.

Cara pembudidayaan wortel dilakukan dengan menanam bibit yang dihasilkan. Dari bunga wortel yang elah tua. Wortel di tanam di lahan tanam dengan jarak tanam yang wajib di perhatikan. Jarak yang terlalu dekat akan membuat wortel tumbuh tidak optimal.

Lobak


Lobak merupakan tanaman sayur yang diambil umbinya. Sama halnya wortel, lobak menyimpan cadangan makanan di dalam akarnya yang menggembung dan menghasilkan umbi lobak yang mengandung banyak nutrisi penting di butuhkan tubuh. 

Lobak ditanam dari bibit lobak yang berkembang menjadi tanaman lobak muda dan siap menghasilkan umbi. 

Ubi Jalar


Ubi jalar merupakan tanaman yang dihasilkan dari hasil penggembungan akar. Akar dipilih tanaman ini untuk menyimpan cadangan makanan dan menjadi umbi yang kaya akan nutrisi dan sumber karbohidrat. Ubi jalar dapat diolah menjadi panganan maupun menjadi penghasil tepung Pati yang selanjutnya dapat diolah menjadi mie. 

Ubi jalar berkembang biak dengan cara umbi yang telah bertunas di tanam di dalam tanah, bisa juga dengan stek batang yakni menanam bagian batang yang terdapat tangkai daun yang bisa berkembang menjadi tunas. 

Talas


Talas merupakan umbi tanaman talas. Sebagai sumber penghasil karbohidrat talas digemari karena rasanya yang enak dan lezat. Talas dapat berkembang menjadi umbi talas penghasil tepung Pati dan dapat dibuat olahan makanan yang lezat.

Cara perkembangbiakan talas adalah dengan menanam bagian umbi talas yang akan berkembang menjadi bibit tanaman talas.

Nah, inilah sayuran organik jenis umbi-umbian yang mudah untuk dikembangbiakkan, yuk mulai bertanam sayuran dari tempat yang sederhana yang kita miliki di sekitar kita seperti bertanam sayuran organik di dalam pot. Kebiasaan sederhana ini bisa menjadi alternatif mengisi waktu luar yang bermanfaat, salam sehat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sayur Organik Jenis Umbi yang Mudah di Budidayakan"

Posting Komentar