Tahapan Bertanam Sayuran Dalam Pot

Bertanam sayuran di dalam pot banyak dilakukan oleh mereka yang tinggal di perkotaan atau yang tinggal di perumahan. 



Pilihan bertanam di dalam pot disebabkan karena banyak faktor antara lain:

  • Tidak ada lahan untuk bercocok tanam
  • Pekarangan rumah yang Sempit
  • Tinggal di rumah susun atau apartemen
  • Daerahnya sering banjir 
  • Daerah yang sangat kering 
  • Musim dingin
  • Tidak ada lahan terbuka
  • Minimnya tanah terbuka

Mereka yang tinggal di daerah langganan banjir atau perkampungan air biasanya menanam sayuran di dalam pot karena lahan tanah yang basah dan sering terendam air yang tidak memungkinkan untuk bertanam di tanah. Selain itu orang yang tinggal di perkotaan di rumah susun juga memilih untuk bertanam di dalam pot karena tidak ada tanah terbuka untuk dijadikan lahan pertanian.

Cara menanam sayuran dalam pot


Mempersiapkan lahan tanam


Langkah pertama lakukan persiapan lahan tanam. Lahan tanam dapat dilakukan di dalam kotak tanam (bed green) dengan membuat kotak dari papan ukuran tertentu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 
Lahan tanam bisa didalam pot besar atau pot sedang. Sesuaikan dengan tanaman sayuran yang akan dipelihara. Lahan tanam yang berupa kotak atau pot bisa diisi ranting kering pada bagian bawah, daun kering daun basah lalu tumpuk dengan media tanam campuran pupuk kandang.

Mempersiapkan media tanam


Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran pupuk kandang, tanah bakaran, sekam bakar atau sekam basah. Takarannya bisa 1:1:1.

Mempersiapkan pengairan


Mempersiapkan pengairan penting dilakukan karena akan menjadi bagian yang sangat dibutuhkan tanaman. Pengairan akan dilakukan apabila tanam sudah dipindah ke lahan tanam. Setiap hari tanaman wajib disiram karena pertumbuhan tanaman menjadi faktor penentunya adalah asupan air.

Menyiapkan bibit


Mempersiapkan bibit tanaman yang akan ditanam, usahakan tanaman sayur yang ditanam sesuai dengan media tanam yang telah direncanakan.

Bibit tanaman seperti sawi, cabe, tomat sebaiknya di semai terlebih dahulu, setelah itu baru di pindahkan ke lahan tanam.

Menyiapkan penyinaran 


Usaha pemeliharaan setelah tanam yakni dengan memperhatikan penyinaran. Penyinaran dilakukan dengan cara menghindari tanaman dari penghalang sinar matahari. Bagi tanaman sayur paling baik jika tanaman diletakkan di tempat yang mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahapan Bertanam Sayuran Dalam Pot"

Posting Komentar