20 Tanaman Sayur yang Dimakan Buahnya

Halo sobat tanaman postingan kali ini masih tentang tanaman sayur kita akan bahas tentang tanaman sayur yang enak dimakan buahnya.

Sayuran buah merupakan jenis sayuran yang dikonsumsi bagian buahnya. Sayuran buah banyak disukai karena rasa nya yang enak dan lezat apalagi jika diolah menjadi beragam masakan.


20 Tanaman Sayuran yang dimakan Buahnya


Tomat


Tomat merupakan sayuran yang dikonsumsi bagian buahnya. Rasa tomat sedikit asam dengan kandungan vitamin A dan C yang banyak. Tomat merupakan campuran untuk sayuran tumis, sambel, SOP atau pelengkap saus, pizza, dan olahan sayuran lainnya.

Menanam tomat cukup mudah, cukup menyediakan media tanam yang cocok untuk perkembangbiakan tomat lalu lakukan penyiraman dan asupan cahaya matahari yang cukup.

Tomat bisa panen berkali-kali hingga umur tanaman tomat mencapai masa tak bisa diproduksi lagi.

Mentimun


Mentimun adalah tanaman sayur buah yang sangat digemari baik di dalam maupun di luar negeri. Timun dapat dibuat menjadi acar timun, dimakan sebagai lalapan atau dengan cara ditumis dan dimasak bersama santan. 

Perkembangbiakan timun cukup mudah. Dengan cara menyediakan bibit dan media tanam yang sesuai terdiri dari campuran pupuk kandang/pupuk kompos, tanah sisa bakaran/sekam bakar. 

Jagung


Jagung termasuk sayuran buah yang merupakan tanaman palawija yang enak dibuat olahan makanan. Jagung 

Terong


Terong adalah sayuran yang dimakan buahnya. Terong tanaman sayuran yang dapat dipanen beberapa kali. Terong banyak jenisnya ada terong bulat, terong panjang, terung jari, dll. Terong enak dibuat masakan campuran santan pedas dan ikan asap.

Pare


Pare adalah tanaman sayuran yang memiliki penggemar tersendiri. Meskipun pahit banyak yang menyukai pare jika diolah menjadi masakan. Bertanam pare bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang bagi ibu-ibu rumah tangga. 

Labu kuning


Labu kuning menjadi sayuran favorit saat labu masih muda. Labu kuning untuk sayur biasanya dipetik pas masih muda namun untuk yang sudah tua enak sekali di buat kue basah seperti talam,  bolu, dodol serta kolak.

Labu kuning tumbuh subur di lahan bekas bakaran sampah atau di kebun tumpang sari dengan tanaman padi.

Untuk menanam labu kuning dilakukan dengan biji labu yang sudah tua. Tumbuhan labu kuning merambat dan memiliki daun yang banyak sehingga biasanya petani memasang Ajir atau tempat rambatan batang labu kuning.

Buncis


Buncis adalah tanaman sayur yang dimakan buahnya. Buncis enak dimasak ditumis, atau dijadikan sayur santan dimakan dengan lontong.

Perkembangbiakan buncis dapat dilakukan dengan menanam bijinya. Biji tanaman buncis diambil dari buah yang sudah tua.

Kacang Toro

Tanaman sayur


Kacang Toro adalah jenis tanaman sayuran yang dimakan buahnya. Buah kacang Toro yang masih muda enak di tumis dan dijadikan pecel.

Menanam kacang Toro dilakukan dengan biji yang diambil dari tanaman yang sudah tua.

Cabe


Cabe adalah jenis tanaman sayuran yang penting dibutuhkan oleh semua orang. Hampir setiap daerah memiliki masakan khas yang berbahan cabe

Labu manis


Labu manis berbentuk panjang atau lonjong, namun ada juga berbentuk bulat. Labu manis enak di sayur santan, lodeh, atau di buat bening.

Penanaman labu manis sama seperti labu kuning yakni dari biji labu manis yang telah tua. Batang labu manis merambat sehingga perlu bantuan Ajir untuk tempat rambatan.

Okra


Okra adalah tanaman yang banyak digemari di luar negeri. Okra dapat ditumis, di rebus atau dijadikan lalapan. Okra memiliki struktur lembut jika masih muda. Namun keras jika telah tua.

Oyong


Oyong adalah tanaman sayur yang banyak penggemarnya. Sayur oyong dibuat bening dengan mie bihun sangat enak di santap bersama nasi putih. 

Perkembangbiakan tanaman oyong dari biji. Biji oyong dihasilkan dari buah oyong yang telah tua.

Jagung


Jagung adalah tanaman sayuran yang diambil buahnya. Jagung yang masih muda enak di oseng atau sayur lodeh, sedangkan jagung yang tua enak dibuat sup jagung kepiting dan perkedel jagung.

Perkembangbiakan jagung dilakukan dengan menanam biji jagung, selanjutnya dilakukan perawatan dengan membersihkan gulma, serta pemberian pupuk.

Labu Siam


Labu Siam adalah tanaman sayuran yang diambil buahnya. Labu Siam memiliki daun sulur yang banyak sehingga perkembangbiakannya membutuhkan bantuan tempat rambatan agar tumbuh dengan baik. Labu Siam dimasak sayur santan sebagai campuran lontong dan dibuat bakwan labu Siam.

Paprika


Paprika merupakan tanaman sayuran yang diambil buahnya. Paprika yang masih muda berwarna hijau sedangkan paprika merah dihasilkan dari tanaman paprika yang telah tua. Paprika bisa dimasak untuk campuran pizza, ayam asam manis dll.

Nangka


Nangka termasuk sayuran yang diambil buahnya. Buah nangka memiliki ciri tumbuhan pohon yang tumbuh tinggi dan bercabang banyak. Nangka untuk sayur diambil dari buah nangka yang masih muda. Sayur nangka diolah menjadi campuran lontong sayur, gulai nangka atau gudeg dengan rasa yang enak.

Cara perkembangbiakan nangka adalah dengan biji. Biji nangka ditanam dan akan tumbuh kecambah selanjutnya menjadi bibit nangka yang siap untuk ditanam di lahan perkebunan/sawah.

Pisang


Pisang adalah tanaman sayuran yang diambil buahnya. Di sebagian daerah pisang muda dapat diolah menjadi masakan enak. Sedangkan pisang tua dapat dijadikan keripik pisang jika pisang telah masak dapat diolah menjadi aneka panganan kue basah dan kering.

Pepaya


Pepaya cukup populer di kalangan warga negara Indonesia maupun di beberapa negara di luar negeri. Pepaya yang masih muda enak dijadikan sayur tumis pepaya atau sayur lodeh pepaya, pecel dll. Sedangkan pepaya yang telah matang enak dimakan langsung sebagai sumber vitamin D.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Tanaman Sayur yang Dimakan Buahnya"

Posting Komentar