10 Tanaman Sayur Enak Dimakan Bijinya

Halo sahabat tanaman, bagaimana tanamanmu hari ini? Sudah semakin subur kah? Setelah sebelumnya post tentang tanaman sayur yang enak dikonsumsi saat kecambah, kali ini kita akan membahas tentang tanaman sayur yang enak dimakan bijinya.



10 Tanaman Sayuran Yang Di Makan Bijinya

Kacang kapri


Kacang kapri yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai sayur lodeh atau di tumis, namun yang telah tua diambil bijinya. Kacang kapri yang tua bijinya dapat di olah menjadi camilan enak.

Kacang kapri dapat dimakan bijinya dan menjadi favorit keluarga karena rasanya yang enak. Biji kacang kapri berbentuk bulat hijau dan bisa diolah menjadi kue pengisi toples di hari lebaran loh.

Kacang hijau


Kacang hijau terkenal di banyak negara, di Indonesia kacang hijau enak dibuat bubur, kue atau selai. Selain itu kacang hijau dapat dijadikan bubur bayi dengan cara menjadikan tepung kacang hijau.

Menanam kacang hijau dapat dilakukan di dataran rendah atau dataran tinggi. Kacang hijau didapat dari biji buah hijau yang dibalut kulit kacang. Kacang hijau dipanen saat buah masak di batang lalu menjemur kacang hijau agar awet disimpan. 

Kacang Lentil


Kacang Lentil biasa dijadikan campuran camilan atau dijadikan sumber protein hewani. Kacang Lentil juga dapat dibuat kecambah sehingga menjadi sayur yang siap diolah menjadi beragam masakan.

Kacang lentil dapat dijadikan sayur dimasak dan diolah bersama bahan bahan lainnya.

Kacang Polong


Kacang polong biasanya dimakan bijinya, untuk kacang yang masih muda biasanya di sayur atau dijadikan campuran lodeh. Pembudidayaan kacang polong dilakukan dengan menanam bijinya.

Kacang merah/kacang Azuki (Vigna.akularis)


Kacang merah banyak dimasak sayur asem, rendang atau puding. Kacang merah juga bisa dibuat selai atau es. Panganan kacang merah banyak terdapat di berbagai negara seperti sup kacang merah dapat dijumpai di Uzbekistan, Brazil, turki, jepang, dll.

Kacang merah dihasilkan dari tanaman kacang-kacangan dengan bentuk menyerupai buncis. Jika kulit buat dibuka akan ada kacang merah dibalut kulit yang memanjang. Jika baru dibuka warna kacang ada corak dan merah muda namun setelah kacang dijemur hingga mengering warna kacang berubah menjadi merah tua. 

Petai


Petai salah satu sayuran yang diambil bijinya. Biji petai terdapat di dalam kulit buah petai yang berbentuk pedang. Biji petai dikonsumsi namun sebagian orang ada yang tidak menyukai petai karena memiliki aroma yang kuat. 

Petai dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran sambal, sayur, tumisan atau lalapan. Ada juga yang menjadikan petai sebagai lalapan dicocol sambal dimakan bersama nasi putih.

Jengkol


Sama halnya petai, jengkol memiliki aroma yang kuat sehingga bagi yang tidak menyukai makanan beraroma kuat pasti tidak suka jengkol. Jengkol terdapat di dalam kulit yang keras dan bergerombol. Dalam satu tangkai terdapat 5-10 buah yang berangkai.

Jengkol dimasak dengan cara di sambal, semur, rendang, maupun dibuat keripik. Jengkol juga dapat dibuat panganan seperti kerupuk.

Tumbuhan jengkol tumbuh di lahan tanah yang terbuka dan membutuhkan ruang yang luas seperti di hutan, kebun atau ladang. Cara menanam jengkol dari biji nya yang ditanam di media tanam atau di dalam tanah langsung. Biji akan berkecambah dan menghasilkan individu baru.

Kabau


Kabau adalah tanaman hutan yang bijinya sering dijadikan sayuran. Meskipun memiliki bau yang tajam namun kabau sering dicari untuk dimasak.

Tanaman kabau dihasilkan dari tanaman hutan yang hidup liar dari biji kabau yang berkecambah. Namun petani biasanya akan menanam biji kabau langsung di tanah hingga tanaman besar dan siap berbuah membutuhkan waktu belasan tahun.

Buncis


Buncis merupakan sayuran yang biasa dimakan buahnya sekaligus bijinya. Biji buncis yang dimakan adalah yang masih muda.

Buncis dapat ditanam dari biji. Biji buncis didapat dari tanaman buncis yang telah tua. Biji buncis yang tua dapat ditanam langsung di media tanam yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Nangka


Biji nangka dihasilkan dari buah nangka yang telah tua. Nangka yang masih muda enak di sayur namun nangka yang telah tua diambil daging dan bijinya. Biji nangka enak direbus dan dijadikan sambel. 

Perkembangbiakan nangka dari biji yang disemai atau ditanam langsung. Biji akan menjadi kecambah, kecambah selanjutnya akan menjadi tumbuhan nangka yang siap untuk dipindah ke lahan tanah.

Jagung


Jagung termasuk tanaman sayuran yang bijinya dimakan dan dijadikan sayuran. Jagung dapat dibuat berbagai panganan dan camilan yang enak. 

Pembudidayaan tanaman jagung bisa dilakukan dengan menanam bijinya. Biji jagung langsung di tanam di lahan pertanian yang terlebih dahulu diolah. 

Jambu monyet


Jambu monyet merupakan tanaman pohon yang buah dan bijinya dapat dimanfaatkan. Daging buah jambu monyet dibuat rujak atau sayur, salad buah. Sedangkan bijinya disebut kacang Mede yang dapat dijadikan campuran kue, camilan dan coklat.

Perkembangbiakan jambu Mede berasal dari biji yang berkecambah dan menghasilkan tumbuhan baru yang siap dipindahkan ke lahan pertanian.

Delima


Buah delima diambil bijinya dan banyak dijadikan sampuran salad buah. Delima memiliki keunikan bijinya yang bergerombol dan memiliki rasa manis asem yang menyegarkan.

Delima ditanam dari bijinya dan dapat dibudidayakan menjadi tanaman baru. Pembudidayaan delima di lahan pertanian yang luas akan menghasilkan tanaman delima yang bisa berproduksi tiap saat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tanaman Sayur Enak Dimakan Bijinya"

Posting Komentar