50 Tanaman sayur yang dimakan Daunnya

Tanaman sayuran banyak jenisnya. Selain berbentuk daun yang dikonsumsi tanaman sayur juga dikonsumsi bagian batang, umbi, bunga dan buahnya. Beberapa tanaman sayur banyak sekali yang dimakan Daunnya karena umumnya bagian daun enak dimakan. 

tanaman sayur


50 Tanaman sayuran yang dimakan Daunnya


1. Bayam


Bayam termasuk sayuran yang digemari di beberapa belahan dunia. Namun di beberapa negara jenis bayam memiliki cita rasa berbeda baik dalam hal rasa maupun tampilan. Di Indonesia bayam memiliki bentu daun bulat dengan ujung sedikit runcing. Bagian batang berair dan mudah layu jika tidak simpan di lemari pendingin.
Bayam banyak dijadikan lauk makan di cocok sambal, ditumis atau di jadikan urap. Sedangkan perkembangbiakan bayam cukup mudah hanya dengan menaburkan biji bayam ke media tanam tunggu 4-7 hari bayam sudah tumbuh umur 20 hari bayam sudah bisa dipanen. 

2. Kangkung


Kangkung memiliki ciri berbatang rongga yang dapat hidup di darat maupun di air. Kangkung yang hidup di darat memiliki akar yang sedikit dikenal dengan kangkung darat atau kangkung cabut. Sedangkan kangkung yang tumbuh di perairan hidup bergerombol dan menjalar. 
Kangkung dapat dimasak, ditumis atau di jadikan urap. 

3. Daun singkong


Daun singkong merupakan sayuran yang banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia. Sayuran ini dapat dibuat urap, cocolan sambal bahkan di gulai pedas bersama santan. 

Cara menanam daun singkong cukup mudah Anda hanya menanam bagian batang lalu tunggu sekitar tiga bulan maka batang akan bertunas.

4. Kol/kubis


Kol atau kubis adalah tanaman yang bisa ditanam di dataran tinggi. Kubis dimakan untuk lalapan atau di masak tongseng. Cara menanam kol atau kubus dapat dengan benih yang di tanam di dalam polibag lalau di pindahkan ke media tanam. 

5. Selada 


Selada dapat ditanam di pot atau polibag. Selada dimakan Daunnya untuk lalapan atau di campur salad. Cara menanam selada dapat dengan pot atau ditanam langsung di tanah. 

6. Daun kemangi

Tanaman sayur



Daun kemangi dapat dimakan Daunnya. Wangi daun kemangi  sangat menggiurkan.

Cara menanam daun kemangi cukup mudah. Bisa di tanam di pot atau polibag. 

7. Daun melinjo


Daun melinjo dimasak tumis atau di masak sayur asem, sayur lodeh atau campuran urap. Daun melinjo dipanen setiap saat di batang pohon melinjo yang berwarna merah kehijauan.

8. Daun Ketela Rambat

Daun ketela rambat dimakan dengan memilih daun muda. Cara mengolahnya dengan mencuci daun ketela rambat lalu merebus atau menumis. Daun ketela rambat dapat di urap atau di tumis.

9. Daun Basil

Daun basil merupakan tanaman sayur dapat dimakan langsung atau campuran spaghetti, pizza. Daun basil hampir sama dengan daun kemangi.

20. Kucai

Kucai termasuk daun bawang dengan bentuk daun kecil-kecil. Kucai enak dimasak campuran tahu atau dimasak dengan tepung gandum.

21. Daun Mede

Daun Mede dapat dibuat lalapan, bentuk daun muda berwarna pink kehijauan. Daun Mede diambil dari batang Mede. Biasanya dimakan bersama sambal dan nasi putih panas.

22. Daun labu Siam

Daun labu Siam enak dimakan dengan nasi dan sambal, di masak santan putih serta dengan bumbu bawang merah, sereh dan lengkuas. Daun labu Siam diambil yang masih muda di bagian pucuknya.

23. Daun labu kuning

Daun labu kuning yang enak dibuat sayur adalah yang masih muda. Cara memetiknya cukup di potong bagian ujung batang. Lalu dibersihkan kulit batang yang berbulu tinggalkan bagian batang muda yang berwarna hijau segar.

24. Daun kacang panjang

Daun kacang panjang enak di tumis, di buat sayur bobor, atau di rebus saja. Makan bersama nasi putih hangat dan sambel sungguh sangat nikmat. 

25. Daun kacang putih

Daun kacang putih sama halnya daun kacang dapat dibuat tumisan atau sayur bobor. Ambil daun kacang putih yang bagian muda lalu di buat tumisan.

26. Daun lumai/leunca

Leunca termasuk tanaman sayur selain dibuat sambal juga diambil daunnya untuk sayuran. Daun leunca enak sekali jika dimasak lodeh, tumisan atau rebusan. Ada rasa sedikit pahit pada daun leunca namun inilah daya tariknya.

27. Sawi hijau

Sawi hijau tumbuh di dataran tinggi namun juga bisa dibudidayakan oleh siapa pun baik di pot atau di lahan pertanian hijau. Sawi hijau dapat dibuat rebusan, tumis atau sayur sawi asin.

28. Sawi Putih

Sawi putih banyak digemari karena rasanya yang enak dan manis. Sawi putih dapat menjadi campuran mie pangsit atau steak.

29. Pokcay

Pokcay sangat enak dibuat tumisan atau di masak bersama steak daging sapi. Pokcay dibuat tumisan dengan saus tiram pasti akan menambah makan.

30. Seledri

Seledri dapat ditanam di daerah dataran tinggi atau di dalam pot. Seledri digunakan untuk penyedap masakan seperti SOP, soto, bakso, pergedel, dll. Bagian yang dimakan dari tanaman seledri meliputi bagian daun, dan batang. Cara perkembangbiakan seledri cukup mudah hanya menggunakan media tanam dari sekam bakar di campur dengan pupuk kandang.

31. Pakis

Pakis banyak tumbuh di daerah lembab dan tropis. Daerah pinggir sungai baik di dataran rendah atau tinggi banyak disukai tumbuhan pakis. Bagian yang diambil untuk sayur biasanya tunas yang masih muda atau daun yang berwarna hijau muda. Pakis dimasak dengan santan dan campuran ikan asap sangat nikmat terasa

32. Daun Turi

Daun Turi dapat dimasak sayur bobor atau sayur santan putih. Sayur Turi diambil bagian muda yang berwarna hijau muda. Daun muda dapat tumbuh berulang-ulang asalkan rajin merawatnya. Tumbuhan Turi dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah dalam jangka waktu yang lama.

33. Peterseli

Peterseli dapat dijadikan  campuran atau toping pizza, spaghetti maupun lasagna. Peterseli diambil bagian daun yang berbentuk halus memanjang. Peterseli tumbuh di negara subtropis dengan jangka waktu bebrapankali panen.

34. Daun bawang

Daun bawang sangat digemari oleh banyak orang. Banyak campuran makanan yang menggunakan daun bawang seperti soto, SOP, bakso, pergedel, bakwan, mie,dll. Daun bawang di tanam di arena dataran tinggi maupun dataran rendah asalkan memiliki kandungan kelembaban yang cukup. Cara menanam daun bawang bisa dengan menanam di tanah langsung atau di dalam pot.

35. Daun mint

Daun mint bisa ditanam di dalam pot atau di lahan langsung dengan media tanam sekam bakar dan pupuk kandang. Daun mint dapat dibuat campuran minuman segar atau garnies kue.

36. Daun kencur

Daun kencur biasanya digunakan sebagai penyedap masakan namun ada sebagian orang menjadikan daun kencur yang masih muda sebagai lalapan atau campuran urap.

37. Kale

Kale adalah bagian daun yang digunakan untuk campuran salad. Kale diambil daunnya dan dapat tumbuh dalam jangka waktu yang lama.

39. Daun jeruk purut

Daun jeruk purut digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Daun jeruk dapat ditanam di dataran tinggi atau dataran rendah. Batang daun jeruk purut dapat tumbuh tahan lama hingga bertahun tahun. Panen dapat dilakukan dengan cara mengambil bagian tangkai daun.

40. Daun Lengkuas

Daun lengkuas yang digunakan untuk masakan adalan yang masih berupa tunas muda. Tunas lengkuas dimasak bersama kacang panjang dan dicampur ikan asap menghasilkan cita rasa masakan yang nikmat.

41. Daun Pepaya

Daun pepaya banyak digemari karena rasanya yang membuat ketagihan. Daun pepaya terasa pahit namun jika bisa mengalahkan daun pepaya tidak terasa pahit. Daun pepaya dibuat urap, sayur pedas, tumisan atau campuran dengan ikan asap.

42. Daun pare

Daun pare termasuk sayuran yang digemari . Rasanya yang pahit sedikit menjadikan daun pare lebih enak dimakan bersama nasi hangat dan campuran sambal.

43. Selada air

Selada air tumbuh di air mengalir dengan koloni yang sangat banyak. Di sungai sungai dengan kondisi yang jernih dan mengalir dapat menjadikan tempat hidup selada air dengan subur. Cara memasak selada air sama seperti kangkung cukup ditumis sebentar saja.

44. Daun mangkok

Daun mangkokan dapat menjadi campuran pepes atau gulai ikan pedas. Daun mangkok tumbuh dalam jangka waktu yang lama bisa di tanam di pekarangan rumah menjadi tanaman hias.

45. Daun kunyit

Daun kunyit dapat menjadi sayuran atau campuran masakan. Daun kunyit menjadi idaman para ibu-ibu yang hobi masak santan. Daun kunyit juga bisa menjadi campuran peyek atau pepes ikan 

46. Daun talas

Daun talas sangat enak dimakan jika kita bisa mengolahnya karena daun talas memiliki getah yang gatal. Daun talas dapat dibuat urap atau masakan santan pedas dengan campuran ikan teri. Tanaman daun talas dapat tumbuh subur di pekarangan dengan kelembaban air yang cukup. 

47. Daun ruku-ruku

Daun ruku-ruku merupakan tumbuhan perdu yang dapat tumbuh lama. Daunnya dapat digunakan untuk sayuran masakan campuran ikan, pepes dan ikan pais. 

48. Daun perila

Daun perila dapat dimakan dengan daging panggang. Daun Perila berbentuk lebar dengan rasa yang enak. Menanam daun perila berasal dari bijinya.

49. Daun kambas 

Daun kambas berbentuk menjalar dengan sulur yang panjang. Daun kambas dapat dimakan bersama 

50. Daun pegagan 

Daun pegagan dapat dimakan langsung, dilalap atau dibuat peyek daun pegagan. Daun pegagan berbentuk bulat dan dapat juga di seduh langsung untuk kesehatan. Daun pegagan termasuk daun yang dapat tumbuh liar di pekarangan, sawah atau ditempat tanah yang basah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "50 Tanaman sayur yang dimakan Daunnya"

Posting Komentar