Laman

Rabu, 31 Januari 2024

15 Tanaman Sayur Cepat Panen Cocok untuk ditanam di Rumah

Bertanam sayuran di lahan pertanian atau ladang sudah sering dilakukan. Khususnya mereka yang memang pekerjaannya sebagai petani atau pengusaha pertanian, tapi tahukah kamu bahwa sebagian besar tanaman sayuran bisa ditanam di pekarangan atau di rumah dan cepat di panen. 

Postingan kali ini kita akan membahas tentang tanaman apa saja yang cepat di panen di rumah.

15 Tanaman Sayuran Cepat Panen


Sawi



Sawi adalah jenis sayuran yang cepat di panen. Umur panen sawi berkisar 14-28 hari sejak mulai semai. Cara menanam sawi adalah dengan biji sawi yang ditebar di media semai. Setelah bibit tumbuh selanjutnya pindahkan ke media tanam yang terdiri dari sekam bakar, pupuk kandang. Perawatan sawi tidak terlalu sulit cukup menyiram tanaman dan pembersihan gulma pengganggu.


Kangkung


Kangkung termasuk tanaman sayuran yang umur panen cepat. Sejak masa semai bibit kangkung dapat dipanen setelah berumur 20-28 hari. Cara menyemai bibit kangkung adalah dengan cara menanam biji ke media tanam. Perawatan bibit kangkung setelah tanam cukup dengan menyiram dan menjaga dari gulma pengganggu.

Bayam

Tanaman sayur


Bayam adakah sayuran yang memiliki umur pendek sehingga termasuk tanaman yang cepat panen umur panen bayam adalah 17-30 hari setelah tanam. Anda bisa menggunakan media tanam yang terdiri dari pupuk kandang, sekam bakar dan campuran pupuk organik/kompos. Pemeliharaan tanaman bayam setelah tanam cukup mudah hanya dengan menjaga kelembaban, penyiraman. 

Daun bawang


Daun bawang termasuk tanaman sayur yang cepat panen. Umur panen daun bawang mulai dari 40-50 hari sejak tanam. Pemeliharaan daun bawang cukup mudah cukup dengan menjaga sumber air dan penggemburan media tanam.

Kucai


Kucai adalah tanaman sayur yang cukup mudah dipelihara dan tahan lama. Penanaman kucai dapat dilakukan dengan menanam bibit tanaman kucai. Kucai dapat dipanen beberapa kali dengan cara mengambil daunnya. Dari batang akan tumbuh daun yang baru yang dapat di panen berkali-kali.

Tomat


Tanaman tomat termasuk tanaman yang cepat panen. Umur panen tanaman tomat kurang dari 2 bulan setelah tanam. Perawatan tanaman tomat dilakukan dengan pengolahan media tanam dan pemberian pupuk kompos pada media tanam. Bisa juga dilakukan dengan pemberian pupuk cair dengan cara penyemprotan. 

Cabe


Tanaman cabe termasuk tanaman yang berumur panjang dengan masa panen yang cukup lama tergantung perawatan. Umur panen tanaman cabe adalah 60 hari setelah tanam. Lakukan penggemburan tanah serta pemupukan rutin pada tanaman cabe. Meliputi pupuk daun dan buah.

Timun


Timun termasuk tanaman yang mudah perawatannya. Lakukan pembibitan tanaman timun pada media tanam yang telah diolah sebelumnya. Media tanam dapat terdiri dari campuran pupuk kompos, pupuk kandang dan sekam bakar lalu lakukan penyiraman dan pemeliharaan dari gulma. 

Pare


Pare adalah tanaman sayur dengan umur cukup lama masa panennya. Perawatan tanaman pare antara lain dengan cara memberikan pupuk cair pada tanaman serta pemasakan Ajir untuk rambatan tanaman.

Kacang panjang


Kacang panjang termasuk tanaman yang dapat ditanam dengan mudah. Penanaman kacang panjang dilakukan dengan biji yang langsung ditanam pada media tanam polibag atau lahan pertanian. Lakukan penggemburan media tanam sampai tanaman berbunga.

Daun singkong


Daun singkong adalah tanaman sayur yang cepat dipanen. Sejak masa tanam hingga umur 1 bulan kita sudah bisa memetik daun singkong yang telah tumbuh. Sebaiknya cukup petik daun muda saja jangan sampai mematahkan tunas agar tanaman singkong tidak terganggu pertumbuhannya. 

Seledri


Seledri adalah tanaman sayur yang masa panennya cukup lama, asalkan perawatan yang tepat dengan penambahan pupuk kandang atau pupuk kompos secara rutin. Agar seledri dapat bertahan lama cukup panen daun seledri yang telah tua yang terdapat pada tangkai pertama dari pangkal batang. 

Oyong


Oyong termasuk tanaman sayur yang memiliki umur panen cukup lama. Media tanam yang tepat akan menghasilkan buah oyong yang subur dan sehat. Media tanam yang tepat terdiri dari kompos, pupuk kandang atau sekam bakar. 

Daun Turi


Daun Turi termasuk tanaman yang lama masa panennya hingga bertahun tahun lamanya. Anda cukup memetik daun Turi yang masih muda untuk di sayur dan lakukan pemangkasan rutin agar tumbuh tunas baru 

Terong 


Terong adalah tanaman sayur yang termasuk lama umur panen nya. Pemeliharaan terong dilakukan dengan memelihara bibit tanam, lalu memindahkan ke media tanam dan lakukan pemukulan rutin agar buah dapat lebat dan tahan lama.

Jagung


Jagung termasuk tanaman yang bisa dipanen dalam jangka waktu tanam  yang cukup singkat. Untuk menjadi sayuran kita bisa memanen baby jagung yang masih muda. Atau bisa dilakukan pemananenan setelah buah tua.

Okra


Okra adalah tanaman sayur yang dapat ditanam dengan mudah dan memiliki umur panen yang lama. Okra berbentuk tumbuhan perdu dengan tinggi sekitar 1-1,5 meter. Buah muncul pada sela sela dahan daun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar