20 Tanaman Sayur yang dimakan Umbinya

Sayuran banyak jenisnya, ada sayuran yang dimakan daun, batang, bunga dan umbinya. Postingan kali ini kita akan membahas tentang sayuran yang dimakan umbinya. 



20 Tanaman sayuran yang dimakan Umbinya


Kentang


Kentang adalah umbi yang tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi. Membudidayakan kentang cukup dengan umbinya. Kentang tumbuh dari isi akar yang menggembung. Bagian akar inilah terdapat isi yang akan tumbuh umbi kentang mengandung banyak potassium dan karbohidrat.

Bit


Bit adalah tanaman sayuran yang dimakan Umbinya. Berwarna merah keunguan. Bentuk umbi bit bulat dan besar. Kandungan umbi bit banyak terdapat anti oksidan sehingga dapat dijadikan sayuran bagi penyintas kanker. Cara perkembangbiakan bit dengan menyemai umbi bit ke media tanam sampai tumbuh membesar dan menghasilkan umbi bit.

Wortel


Wortel adalah sayuran umbi yang banyak disukai oleh orang banyak. Salah satu sayuran yang banyak manfaatnya karena mengandung vitamin A sangat bermanfaat untuk mata. 

Cara menanam wortel cukup dengan menyemai biji yang telah siap tanam di media tanam dan tunggu sampai membesar.

Ubi kayu atau singkong


Ubi kayu atau singkong adalah umbi ketela yang dapat dimakan dan menjadi jenis bahan makanan dan sayuran. Ubi kayu dapat diolah menjadi bahan kue basah, keripik ubi, tepung ubi atau diambil Pati ubi untuk membuat tepung tapioka.

Resep sup ubi kayu atau singkong adalah salah satu masakan yang lezat dan patut di coba. Tambahkan ikan mas pada sup singkong serta daun kencur, sereh dan lengkuas dijamin selera makan Anda akan berlipat ganda.

Ubi jalar 


Ubi jalar dapat dikonsumsi dan diolah menjadi bahan makanan yang enak. Umbinya memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan. Ubi Jalar memiliki beberapa jenis seperti ubi ungu, ubi kuning, ubi madu dan putih. Menanam ubi jalar cukup di ambil bagian umbi yang telah tua dan ditunaskan lalu ditanam di media tanam. Media tanam yang digunakan dapat berupa campuran tanah, pupuk kandang. Perawatan juga tidak terlalu sulit cukup lakukan pembumbungan di sekitar peralatan agar umbi dapat berkembang dengan baik.

Bengkuang (Pachyrhizus erosus)


Bengkuang adalah tanaman sayur umbi yang bisa dijadikan sayuran. Bengkuang tumbuh di dataran tinggi atau dataran rendah. Membudidayakan bengkuang cukup dengan menanam bijinya lalu lakukan perawatan dengan cara menggembirakan media tanam.

Bengkuang menjadi salah satu campuran sup udang, kimlo, baso ikan, dan tekwan 

Bawang merah (Allium cepa L var aggregatium)


Bawang merah termasuk tanaman sayuran yang diambil umbinya. Umbi bawang merah sangat dicari di belahan dunia manapun apalagi di Indonesia, China, India, Arab. Bawang merah tergolong bumbu dasar masakan. Banyak masakan favorit menggunakan bawang merah sebagai bumbu utama seperti rendang, soto, SOP, nasi kebuli, nasi, berbagai jenis sambal dan tumisan.

Cara menanam bawang merah dengan menanam langsung umbinya ke tanah atau media tanam.

Bawang putih (Allium sativum)


Bawang putih termasuk umbi yang digunakan untuk memasak. Bawang putih dijadikan bumbu dasar untuk berbagai masakan di dalam dan luar negeri. Penggunaan bawang putih di negeri China, jepang dan Korea sangat besar. Kebutuhan bawang putih hampir di setiap masakan.

Perkembangbiakan bawang putih  antara lain yakni dengan menanam umbinya di lahan pertanian atau di media tanam yang telah dicampurkan pupuk kandang dan sekam bakar. 

Bawang bakung 


Bawang bakung digunakan untuk masakan dan obat obatan. Bagian umbi Bakung dijadikan bumbu masakan atau campuran herbal.

Bawang Bombay (Allium cepa linnaeus)


Tanaman sayur umbi


Bawang Bombay banyak digunakan pada masakan di negeri Asia, Amerika, Afrika dll. Bawang Bombay digunakan juga untuk garnies dari berbagai masakan.

Perkembangbiakan bawang Bombay dapat dilakukan dengan menanam umbi bawang Bombay ke media tanam atau dengan bibit yang dapat diperoleh di toko toko pertanian.

Lobak (Raphanus rapanistrum subsp.sativus)


Lobak dapat digunakan sebagai bumbu masakan seperti Sugogi, kimci, moun goguk, asinan lobak, dll. Sebagai bumbu, lobak menjadi sayuran umbi yang banyak dicari. Perkembangbiakan lobak bisa dilakukan dengan biji.

Talas (Colocasia esculenta L)


Talas sejenis tanaman sayuran yang diambil umbinya. Umbi talas sumber karbohidrat yang enak dijadikan panganan dan bahan kue, atau keripik.
Membudidayakan talas cukup mudah, dapat dilakukan dengan menanam anakan atau umbi talas ke media tanam yang lembab. Talas cocok sekali hidup di daerah yang memiliki kandungan air banyak seperti di rawa, persawahan, tepi aliran air sungai, di sekitar sumur atau kolam.

Ganyong (Canna discolor L)


Umbi ganyong berasal dari tanaman ganyong yang diambil umbinya. Umbi ganyong mengandung Pati dan dapat dibuat mie bihun. Umbi ganyong juga bisa di olah menjadi panganan yang enak dan lezat.

Porang (Amorphopallus moelleri)


Porang adalah sejenis umbi yang mengandung pati. Pati Porang dapat dijadikan bahan pembuat mie Porang, beras Porang atau tepung sebagai bahan dasar pembuatan kue. Perkembangbiakan Porang cukup mudah dengan menanam umbi Porang. Porang dapat tumbuh dimana saja dengan media tanam yang tidak sulit. Dapat menggunakan tanah, pupuk kandang atau campuran pasir dan tanah.

Ubi manis(Ipomoea batatas)


Ubi manis bermacam-macam bentuk dan warnanya ada yang berwarna kuning, ungu dan putih. Ubi manis dapat dijadikan bahan pembuatan tepung sagu. Ubi sebagai bahan pembuatan mie bihun atau tepung ubi. Selain itu ubi juga dapat dibuat aneka kue, jajanan, keripik atau minuman yang menyegarkan. 

Kacang tanah (Arachis hypogaea L)


Kacang tanah adalah jenis buah yang tumbuh di dalam tanah namun juga tergolong kacang-kacangan. Kacang tanah dapat dijadikan camilan, selai, kue kering, saus atau isian roti. 

Perkembangbiakan kacang tanah dengan menanam bijinya pada lahan tanam atau media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang atau sekam bakar.

Gadung (Dioscorea hispida)


Gadung sejenis umbi beracun yang dapat diolah menjadi sumber makanan. Jika melalui beberapa tahap pengolahan umbi gadung dapat menjadi makanan pengganti beras karena banyak mengandung karbohidrat.

Gadung banyak tumbuh di hutan dengan batang yang berdiri dan menjalar. Pengolahan gadung melalui berbagai tahapan seperti pembersihan umbi dari kulit mencacah/mengiris tipis, merendam umbi di air mengalir selama beberapa hari, lalu menjemur umbi, merebus lalu bisa disantap dan diolah menjadi berbagai panganan.

Uwi (Dioscorela alata)


Umbi uwi (Dioscorela alata) berwarna ungu dapat diolah menjadi masakan pengganti nasi. Tanaman uwi tumbuh merambat dengan daun menyerupai sirih. Tekstur berlendir namun saat dimasak uwi akan menjadi makanan yang enak. Perkembangbiakan uwi cukup dengan cara menanam umbi uwi lalu membuat rambatan sulurnya agar tidak menyemak.

Suweg (Amorphophalus paeoniifolius)


Suweg adalah tumbuhan liar yang dapat dimakan Umbinya. Umbi suweg butuh pengolahan yang tepat agar dapat dikonsumsi.

Gembili (Dioscorea esculenta)


Gembili (Dioscorea esculenta) memiliki karakteristik daun yang menyerupai sirih, sirip daun tegas dan sulur yang melingkar dan merambat. Gembili diolah umbinya untuk dijadikan makana yang lezat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Tanaman Sayur yang dimakan Umbinya"

Posting Komentar